fbpx

Memang bisa dibilang susah-susah gampang mengajak si kecil mengenal atau bermain musik, sebab Anda harus memiliki trik ajari bermain musik bagi si kecil dengan cara yang lebih seru. Terkecuali jika sudah dewasa dan memang memiliki minat khusus di bidang musik, Anda akan lebih mudah mengarahkannya belajar musik. Namun bagaimana jika masih balita?

Seperti yang Anda tahu, musik memang memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan otak anak. Bahkan mulai dari dalam kandungan, dokter akan menyarankan Anda untuk sering mendengarkan musik. Atau bahkan meletakkan rekaman music atau headphone di dekat perut ibundanya. Hal tersebut dapat menjelaskan bahwa betapa banyak pengaruh music terhadap tumbuh kembang anak.

Bahkan menurut Nadya Pramudita, seorang psikolog anak mengatakan bahwa musik dapat menstimulasi perkembangan di setiap area otak. Mulai dari penglihatan, pendengaran, keseimbangan, bahasa, perilaku, kemampuan, sensasi, pergerakan hingga emosi. Karena itu, sangat disarankan untuk memperkenalkan musik sejak dini. Tentunya dengan trik ajari bermain musik bagi si kecil yang sesuai.

Perkenalkan Musik atau Alunan dari Alam

Tanpa Anda sadari, bahkan Anda mendengarkan musik setiap waktu. Mulai dari Anda bangun  di pagi hari, mendengarkan bunyi alarm, bunyi mesin kendaraan atau bunyi klakson saat Anda berangkat bekerja dan masih banyak lainnya. Jadi ketika Anda ingin mengenalkan balita pada musik, Anda dapat memulai dari nada-nada ringan yang tak beraturan.

Bisa juga Anda memulai memperkenalkan balita Anda pada suara alam. Misal mengajaknya kepantai, mendengarkan suara pasang surut gelombang, suara angin, kicauan burung, ajak balita Anda mendengarkan dengan seksama, tentunya hal tersebut akan membuatnya semakin bersemangat dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Setelah minatnya terhadap nada tersebut muncul, barulah Anda mencoba trik ajari bermain musik bagi si kecil yang lain. Misalnya saja mengajak balita Anda membuat permainan-permainan ringan, seperti mengetuk gelas dengan sendok, membelikan mainan yang mengeluarkan suara musik atau membelikan alat musik mainan.

Mendengarkan Musik Bersama

Anda juga bisa mengajaknya mendengarkan musik yang diringi dengan tarian atau gerakan tubuh Anda. Bisa dengan tepukan, lompatan atau gerakan tubuh lainnya. Dengan begitu, si kecil akan tertarik untuk menirukan Anda dan terprogram dibawah alam sadarnya, bahwa bermusik akan menyenangkan.

Setelah menginjak masa pra sekolah atau awal sekolah, Anda pun sudah mulai bisa mengetahui minat anak terhadap musik. Anda dapat mengenalkannya dengan alat musik yang sesungguhnya atau mengajaknya les musik. Tentu saja Anda harus membuatnya mengerti mana yang harus diprioritaskan.

Anda dapat mencarikan tempat les musik yang fleksibel dengan tenaga pengajar profesional. Sehingga si kecil tidak butuh waktu lama untuk memahami musik. Seperti Pustaka Guru, disana Anda bahkan dapat memilih tenaga pengajar yang cocok dengan karakter anak Anda. Silakan hubungi kami di nomor 081229243425 atau kunjungi pustakaguru dan dapatkan trik ajari bermain musik bagi si kecil yang efisien.