Kompetisi Sains Nasional atau KSN merupakan ajang kompetisi bagi siswa dari tingkat SD sampai SMA di seluruh Indonesia. Ajang kejuaraan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspenas). Tujuan dari program tahunan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dengan penguasaan pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kompetisi untuk siswa ini merupakan salah satu ajang yang cukup bergengsi. Pasalnya pemenang dari kompetisi ini dapat diakui sebagai siswa yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang sains dibandingkan dengan siswa lain di seluruh Indonesia.

Tidak mengherankan jika banyak siswa yang ingin mendapatkan juara di setiap penyelenggaraan KSN setiap tahunnya. Akan tetapi untuk menjadi juara tentunya perlu persiapan yang panjang. Tanpa persiapan yang matang, siswa yang pintar di bidang sains pun belum tentu bisa menjuarai KSN.

Persiapan KSN

Jika Kamu adalah salah satu siswa yang ingin menjadi salah satu juara di KSN, berikut beberapa tips sukses menghadapi KSN.

Menguasai semua materi dasar

Hal pertama yang perlu disiapkan dalam gelaran kompetisi sains tentunya adalah penguasaan semua materi dasar. Penguasaan materi dasar ini meliputi semua jenjang kelas dari setiap bidang. Untuk jenjang kelas XII SMA misalnya, materi yang harus dikuasai adalah materi dari kelas X sampai kelas XII.

Materi dasar ini tersedia dari berbagai sumber seperti buku-buku di perpustakaan maupun sumber lain di internet. Penguasaan materi juga bukan berarti Kamu hanya menghafal semua materi melainkan memahami setiap detail konsepnya. Ada cukup banyak metode yang bisa digunakan untuk menguasai suatu materi. gunakanlah metode yang paling cocok dengan tipe belajar Kamu.

Salah satu cara metode yang cukup efektif adalah dengan mencatat dan me-review konsep-konsep yang sudah lama tidak kamu pelajari. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengingat kembali konsep-konsep sebelumnya.

Latihan soal

Selain penguasaan materi dasar, tips sukses lain untuk menjuarai KSN adalah melakukan latihan soal sebanyak-banyaknya. Latihan soal dapat membantu untuk memahami tipe-tipe soal olimpiade. Soal olimpiade biasanya memiliki grade yang lebih tinggi soal latihan di kelas.

Kamu bisa memanfaatkan soal-soal olimpiade dari tahun-tahun sebelumnya agar terbiasa dengan soal olimpiade. Cobalah untuk mengerjakan tanpa melihat kunci jawaban. Jika ada soal yang membuatmu bingung dan tidak bisa mengerjakan, cobalah untuk mempelajari konsep dari soal tersebut.

Jika sudah terbiasa, kamu bisa membuat simulasi olimpiade sendiri dengan batas waktu pengerjaan. Kemudian lakukanlah evaluasi setiap kali selesai mengerjakan satu paket soal.

Memahami peraturan KSN secara keseluruhan

Memahami peraturan olimpiade adalah hal yang sama pentingnya dengan menguasai semua materi. Untuk menjadi juara kamu juga perlu menguasai semua peraturan olimpiade mulai dari tahap seleksi sampai, pelaksanaan, sampai hasil penilaian.

Beberapa detail peraturan KSN diantaranya adalah tanggal pendaftaran, syarat-syarat yang harus dipenuhi, jenis soal yang diujikan, alat bantu apa saja yang boleh ada sampai bagaimana sistem penilaiannya. Jangan sampai gagal menjadi juara hanya gara-gara tidak paham peraturan yaa.

Menjaga kesehatan saat pelaksanaan KSN

Kesehatan juga merupakan salah satu faktor penting untuk memenangkan olimpiade. Pastikan asupan makanan dan waktu istirahat terjaga, terutama saat mendekati pelaksanaan olimpiade. Tubuh yang fit saat olimpiade tentu akan membuat pikiran lebih fokus saat mengerjakan soal.

Nah, itulah beberapa tips untuk memenangkan KSN. Jika Kamu membutuhkan tutor untuk mendampingi persiapan KSN, Pustaka Guru menyediakan jasa layanan pendidikan untuk persiapan KSN. Tutor KSN pustaka guru adalah akademisi yang telah berpengalaman di bidangnya.