Tips Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika SASMO! Sekarang ini ada banyak ajang perlombaan yang dipertandingkan, baik itu dalam bidang akademik ataupun non akademik. Bagi seorang siswa, prestasi yang didapatkan ini nantinya bisa sangat berpengaruh untuk ke depannya. Tidak hanya menjadi nilai plus saat mendaftar ke jenjang berikutnya, tetapi juga bisa membangun mental dari siswa itu sendiri. Tidak heran juga jika banyak yang mulai ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut dan mendapatkan gelar juara.

Salah satu ajang bergengsi di bidang akademik adalah Olimpiade SASMO. Bagi yang belum tahu, SASMO merupakan akronim dari Singapore and Asian Schools Math Olimpiad. Ajang internasional se-Asia ini diikuti oleh ribuan peserta, mulai dari tingkat dasar untuk kelas 2 hingga tingkat atas untuk kelas 11. Adanya ajang ini juga didasari oleh sebuah impian besar, yaitu menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Matematika. Tidak bisa dipungkiri hingga saat ini masih banyak siswa mempunyai anggapan bahwa Matematika ini adalah momok menakutkan.

Apa Saja Tips untuk Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika SASMO?

Sebelum benar-benar terjun ke dalam perlombaan Matematika tersebut tentu ada hal yang perlu untuk dipersiapkan. Persiapan ini ditujukan agar para siswa yang ikut berpartisipasi lebih siap, tidak hanya materinya saja tapi juga siap mental. Mengingat persaingan di SASMO sangat ketat karena dikuti dari siswa dari berbagai siswa di Asia. Ada beberapa tips yang dapat dipraktikkan ketika akan menghadapi Olimpiade SASMO, di antaranya:

Hal pertama perlu dilakukan untuk mempersiapkan SASMO adalah dengan menguasai silabusnya. Dengan mengetahui silabus tersebut, siswa akan lebih mudah dalam mengumpulkan materi sebagai bahan belajar yang dibutuhkan. Tidak hanya sampai di situ saja, silabus ini juga bisa membantu para siswa untuk belajar lebih terarah. Belajar materi secara berurutan pastinya akan lebih mudah diingat karena materinya lebih terstruktur.

  • Terus Mencoba Hingga Berhasil dengan Latihan Soal

Tips berikutnya dapat dilakukan adalah siswa terus mencoba mengerjakan banyak latihan soal hingga berhasil. Soalnya pun tidak langsung semua materi dalam satu waktu, tetapi sesuai dengan yang tengah dipelajari. Dengan latihan soal ini dapat membantu siswa mengevaluasi pemahamannya dan jika dirasa belum memuaskan maka perlu diulang kembali. Selain latihan soal secara berkala, mereka juga perlu mengerjakan keseluruhan soal sebagai bentuk evaluasi diri.

  • Berkonsultasi dengan Pengajar atau Tutor

Hal terakhir untuk mempersiapkan SASMO dengan baik adalah berkonsultasi kepada orang yang lebih berpengalaman, salah satunya adalah tutor atau pengajar. Salah satu caranya adalah siswa bisa berkonsultasi dengan tutor dari tempat bimbel. Tutor tersebut tentu harus yang berkualitas seperti dari Nusagama.

Dengan ikut bimbel di Pustaka Guru, siswa bisa berkonsultasi terhadap materi yang kurang dipahami. Tidak hanya sampai di situ saja, mereka juga akan lebih fokus dan konsentrasi saat belajar persiapan SASMO. Demikian informasi terkait tips persiapan untuk menghadapi Olimpiade Matematika SASMO.