Tips Lancar Olimpiade Sains Internasional Untuk Semua Jenjang. Peserta olimpiade sains adalah siswa yang telah melalui berbagai tahapan mulai dari tingkat sekolah. Siswa dengan potensi unggul di salah satu cabang pengetahuan sains akan dilakukan pembekalan hingga ke tahap pengerjaan. Banyak persiapan matang melewati setiap tahapan. Penggunaan strategi semakin membangun kepercayaan serta ketenangan.

Sebanyak 4 tahapan sebelum menuju ke tingkat internasional. Langkah paling awal yaitu sekolah menentukan calon siswa olimpiade. Penentuan tergantung peraturan dari masing-masing sekolah. Siswa terpilih akan dibawa ke tingkat kota atau kabupaten untuk diseleksi bersama murid satu  wilayah. Pembuat soal tes seleksi tetap dari pemerintahan pusat.

Kelulusan siswa akan mengantarkannya ke tahap seleksi provinsi. Akan dilakukan tes kembali kepada seluruh murid pilihan satu negeri. Jumlah siswa bisa lebih dari satu dalam lingkup satu provinsi. Seleksi tingkat nasional umumnya akan mengambil 1 orang dalam 1 provinsi atau kurang dari 100 orang nasional. Setelah lolos, maka tahap selajutnya adalah pembekalan selama kurang lebih 3 bulan guna persiapan menuju level internasional.

Tips Lancar Olimpiade Sains Internasional

Agar lolos setiap tahapan tes, perlu adanya strategi yang dibangun sesuai dengan bakat dan minat. Hal ini karena kerja keras saja tak cukup untuk membuahkan hasil maksimal. Kerja keras sekaligus kerja cerdas sangat dibutuhkan bertujuan memberikan hasil yang diharapkan. Bisa mencoba tips di bawah ini agar dijadikan inspirasi pembentukan startegi.

  • Menentukan Bidang

Cabang dari sains cukup banyak diantaranya Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Komputer, Astro, Bumi, Geografi, dan Ekonomi. Cabang yang dipilih  disesuaikan pemilik bakat dan minat. Peluang juara lebih besar jika penentuan bidang sesuai potensi. Berpengaruh pada tingkat kesulitan yang nantinya akan dihadapi. Jika masih bingung karena merasa tidak memiliki potensi menonjol, maka bisa memilih cabang yang disukai atau cabang sepi peminat.

  • Fokus Belajar

Setelah menentukan cabang yang akan diikuti, langkah  selanjutnya yaitu fokus menekuni satu  bidang. Waktu yang dibutuhkan untuk fokus mempelajari materi olimpiade sekitar satu tahun. Pilih waktu efektif agar materi mudah dipahami, cara ini berbeda-beda bagi setiap orang. Pahami konsep dasar untuk menghindari kesalahan konsep saat mengerjakan soal.

  • Belajar dengan Ahli

Ahli yang dimaksud bisa dari alumni juara ataupun dari guru atau pelatih. Bagi para pemula, bisa mengikuti bimbingan belajar baik khusus olimpiade atau bimbel sesuai jurusan. Belajar melalui bimbingan akan lebih terarah dan sistematis. Mulai dari pemberian silabus untuk olimpiade, hingga prediksi soalnya. Biasanya ahli memiliki tips tersendiri untuk dicoba.

Itulah tips lancar olimpiade sains internasional untuk persiapan lebih matang. Perbanyak latihan soal-soal bertaraf  internasional agar terbiasa saat mengerjakannya. Ketahui soal tahun lalu sebagai gambaran prediksi soal selanjutnya. Belajar lebih mudah dengan bergabung di bimbingan belajar Pustaka Guru yang menyediakan les untuk persiapan berbagai macam lomba hingga persiapan kerja.