fbpx

Semua orang tentunya ingin bisa belajar renang dengan cepat. Sayangnya ada banyak kesalahan pemula saat belajar renang yang seringkali disepelekan. Bahkan terkadang ada orang yang mengaku bisa berenang tapi sebenarnya mereka salah dalam melakukan teknik dan gerakan renang itu sendiri. Hal ini memang lumrah terjadi jika Anda belajar renang secara otodidak.

Karenanya diperlukan mentor yang benar benar memiliki kapasitas. Selain membantu proses belajar renang Anda lebih cepat, mereka juga bisa memastikan kalau gerakan renang Anda benar. Kesalahan dalam belajar renang ini tentunya berdampak besar pada kemampuan Anda nantinya. Dari mulai pernafasan yang pendek, hingga daya tahan tubuh yang tidak stabil.

Lantas kesalahan apa saja yang sering dilaukan pemula tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengangkat Kepala Terlalu Tinggi Saat Berenang

Kesalahan pertama yang sering dilakukan para pemula saat belajar renang adalah mengangkat kepala terlalu tinggi. Ini sebenarnya naluriah, mereka yang baru belajar renang cenderung mendongakkan kepalanya ke arah depan agar bisa melihat arah. Padahal sebenarnya hal ini salah dan sangat tidak dibenarkan dalam teknik renang.

Pasalnya pada saat kepala Anda mendongak, secara otomatis pinggul Anda akan turun lebih dalam. Hal ini akan mengurangi resistensi dan membuat gerakan renang Anda menjadi lambat. Inilah kesalahan pemula saat belajar renang pada fase awal.

Timing Pengambilan Nafas Yang Salah

Kesalahan selanjutnya yang seringkali dilakukan adalah proses penarikan nafas yang salah saat berenang. Hal ini terutama terjadi pada saat Anda melakukan stroke. Penting sekali bagi Anda para pemula untuk mengatur ritme pernafasan dengan teratur. Pasalnya jika salah melakukan ritme pernafasan, Anda akan mudah tersedak air dan bahkan mengalami pingsan karena kesalahan pernafasan.

Gerakan Lutut Yang Patah / Bengkok

Lutup yang bergerak [atah atau bengkok adalah kesalahan pemula saat belajar renang selanjutnya. Hal ini merupakan yang paling sering terjadi. Bahkan mereka yang sudah bisa berenang sekalipun seringkali melakukannya karena kesalahan saat belajar. Melakukan teknik seperti ini membuat Anda berenang seperti perahu bargas dan sangat berisik. Tentu saja teknik seperti ini sangat disalahkan.

Melakukan teknik renang seperti ini akan membuat kecepatan Anda menurun dengan drastis. Terlebih kondisi seperti ini juga akan membuat Anda cepat mengalami kelelahan. Selain itu, seolah insting tubuh mereka yang menggerakkan lutut kakinya hingga patah atau bengkok saat berenang, biasanya membiarkan tangannya diam. Jadi daya dorong tubuh saat berenang hanya berasal dari kaki saja.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Untuk Anda yang sedang belajar renang, sangat direkomendasikan untuk mempercayakannya pada jasa privat renang terpercaya. Pustaka Guru yang beralamat di Jogja hadir sebagai solusi terbaik. Silakan hubungi ka dari kami. Selain itu, hindari kesalahan pemula saat belajar renang tersebut.

Deskripsi : kesalahan pemula saat belajar renang harus Anda ketahui dengan baik, sehingga pembelajaran renang dapat berjalan dengan baik dengan memperhatikan hal tersebut.