Oksigen merupakan suatu zat campuran atau unsur kimia berupa gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan dalam jumlah yang sangat melimpah di bumi. Oksigen penting bagi makhluk hidup untuk bertahan hidup.

Source : Freepik.com

Oksigen Penting bagi Makhluk Hidup Dalam Kehidupan

Oksigen yaitu suatu unsur yang sangat penting dalam tubuh manusia. Manfaat oksigen bagi tubuh adalah untuk bernafas. Selain itu, oksigen juga dapat diperlukan untuk mengganti sel-sel mati.

Tidak hanya manusia, tumbuhan sebagai makhluk hidup sangat bergantung pada oksigen di malam hari. Dalam proses fotosintesisnya, tumbuhan memerlukan karbondioksida, air, dan cahaya matahari.  Bagaimana cara tumbuhan berfotosintesis kemudian dapat mengeluarkan oksigen?

Proses Fotosintesis Tumbuhan yang Mengeluarkan Oksigen

Fotosintesis adalah reaksi atau proses yang terjadi oleh tumbuhan. Tumbuhan berfotosintesis untuk dapat menghasilkan makanan dan mengeluarkan oksigen penting bagi makhluk hidup. Dengan bantuan beberapa unsur lain tentunya.

Klorofil merupakan pigmen yang menjadi kunci dalam proses fotosintesis. Tugas klorofil adalah menangkap sinar matahari dan unsur lainnya, kemudian merubahnya menjadi energi kimia. Berikut ini adalah proses fotosintesis tumbuhan.

Daun adalah tempat berfotosintesis. Apakah ada tumbuhan yang tidak bisa berfotosintesis? Tentu saja ada. Fotosintesis biasanya dilakukan oleh tumbuhan hijau dan apabila tumbuhan tidak memiliki daun maka tentu saja tidak bisa berfotosintesis.

Pada daun, karbondioksida dan air yang  diproses dengan sinar matahari dapat menghasilkan glukosa, oksigen, dan zat lainnya yang dihasilkan dari proses fotosintesis tersebut.

Source : unsplash.com

Oksigen penting bagi makhluk hidup

Kadar oksigen dalam darah dapat mengalami kekurangan atau dalam dunia medis disebut juga hipoksemia. Hipoksemia dapat dicek melalui pemeriksaan dokter. Untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, kamu bisa melakukan secara rutin beberapa cara berikut agar kadar oksigen meningkat.

  1. Langkah pertama adalah memperbaiki kadar sirkulasi udara yang masuk dan keluar dalam tubuh. Upayakan menghirup udara yang segar dan memiliki kualitas yang baik. Biasanya lingkungan yang memiliki banyak pohon dan tanaman merupakan ciri udara yang segar.
  2. Langkah kedua yaitu dengan olahraga secara rutin. Olahraga dapat membantu memperbaiki sistem pernapasan. Orang yang rajin olahraga pasti berbeda dengan orang yang jarang berolahraga.
  3. Selanjutnya adalah dengan memperbaiki asupan pola makanan sehari-hari. Pola makanan yang dijaga akan berpengaruh terhadap tubuh. Tubuh dengan asupan pola makanan yang bergizi dan seimbang akan memenuhi nutrisi pada tubuh sehingga tidak akan mudah terkena penyakit.

Sekian penjelasan dari pentingya Oksigen bagi makhluk hidup. Mari menjaga alam lebih baik agar udara memiliki kualitas oksigen yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Untuk yang ingin lebih jelas dan mengetahui secara mendalam materi seperti yang sudah disampaikan, bisa bergabung dengan Les Privat Pustaka Guru