Harus Dilakukan Agar Siap Menghadapi Olimpiade Sains Kuark. Anak-anak berprestasi biasanya senang mengikuti ajang kompetisi ilmu pengetahuan ataupun kesenian. Hal ini dinilai baik untuk menumbuhkan sifat kompetitif serta kreativitas anak, siswa juga akan lebih terpacu belajar, dengan begitu juga bisa menjadi bentuk apresiasi terhadap keberhasilannya.

Salah satu kompetisi bergengsi yang wajib untuk dicoba oleh anak-anak berprestasi adalah Olimpiade Sains Kuark (OSK). Dengan mengikutinya maka siswa mendapatkan banyak keuntungan seperti, mampu berpikir secara kritis, kreatif senang bekerjasama, dan memiliki keterampilan berkomunikasi lebih baik.

Siap Menghadapi Olimpiade Sains Kuark

Berkompetisi tentunya bukan sesuatu yang mudah, karena akan banyak sekali siswa-siswa berprestasi siap untuk bersaing dengan mengeluarkan seluruh kemampuannya. Oleh sebab itu perlu adanya usaha agar memaksimalkan pada saat menghadapi ujian.

Hal paling utama perlu dilakukan jika ingin mengikuti kompetisi adalah dengan mempersiapkan mental, gunanya agar siswa tidak gampang gugup sehingga mengganggu konsentrasi ketika menghadapi ujian. Perlunya peran orang tua dan guru sebagai penyemangat demi meningkatkan kepercayaan diri peserta sangat diharapkan.

Begitu juga dengan menjaga kesehatan, orang tua diminta perlu untuk mempersiapkan asupan bergizi kepada anak agar tidak mudah lelah sehingga mengganggu ketika ujian. Siswa juga wajib mengatur pola hidup seimbang antara belajar, bermain, berolahraga, hingga istirahat.

  • Banyak melakukan observasi

Siswa juga dapat menyiapkan dirinya dengan banyak melakukan observasi, bisa melalui orang-orang terdekat yang memiliki pengalaman mengikuti kompetisi, ataupun membaca banyak literasi sebagai sumber pengetahun. Perpustakaan, toko buku, ataupun internet dapat menjadi tempat mencari informasi bermanfaat.

  • Melatih diri melalui contoh soal

Selain itu Ada alternatif lainnya yaitu dengan mencoba diri melalui contoh-contoh soal, dengan begitu siswa mampu melatih kemampuan menyelesaikan soal ujian. Kuark juga menyediakan buku-buku yang dapat memberi banyak infomasi mengenai sains dan ujian.

Setiap buku tersebut dikemas dalam bentuk komik, sehingga akan mampu menarik minat baca para siswa. Tersedia berbagai pilihan bacaan berisi informasi sains, teknologi, teknik, hingga matematika. Ada juga latihan HOTS (Higher Order Thinking Skills), yang akan mengasah keterampilan peserta hingga ketingkat tinggi. Anda bisa berlangganan ataupun membelinya paket sesuai dengan levelnya.

  • Mengikuti kelas lentera kuark

Selanjutnya kuark juga menyediakan kelas pelatihan dimana siswa bisa melatih diri. Materi pembelajaran menyentuh paradigma, perilaku, hingga kompetensi. Lentera kuark mengemas pembelajaran dengan cara unik dan menyenangkan namun tetap menjadikan sains sebagai dasarnya.

Kelas ini disediakan dalam berbagai program sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta. Pelatihan yang disediakan yaitu pembelajaran kreatif insentif, training of teachers, inisiasi klub sains, dan fasilitator kreatif, semuanya menggunakan sains sebagai dasarnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mepersiapkan diri menghadapi olimpiade sains kuark. Kamu juga bisa mengikuti les di Pustaka Guru untuk semakin memantapkan diri menghadapi olimpiade tersebut. Perlu diketahui bahwa semua tahap diberlakukan sistem gugur sehingga jika gagal pada satu tahap maka tidak dapat melanjutkan lagi kompetisi.