Pemanasan global atau global warming adalah suatu dampak yang terjadi apabila ada peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi. Pemanasan global dapat timbul akibat peningkatan suhu yang disebabkan oleh kebakaran hutan.

Para ilmuwan melakukan penilitian mengenai efek apa saja yang menyebabkan pemanasan global. Diantaranya adalah efek rumah kaca, efek umpan balik, dan variasi matahari. Dimana pada tahun 1896, ilmuwan mencurigai pembakaran bahan bakan fosil dan kebakaran hutan dapat mengubah atmosfer yang menimbulkan pemanasan global.

Sumber : unsplash.com

sumber : unsplash.com

Dampak Kebakaran Hutan bagi Kehidupan Manusia di Bumi

Kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem baik ekosistem tanah maupun ekosistem pada udara. Flora dan fauna yang ada pada hutan juga mengalami kepunahan dengan peristiwa kebakaran hutan tersebut. Kabut asap yang ditimbulkan juga mampu menjadi penyakit bagi siapapun yang menghirupnya sehingga perlu dilakukan cara mencegah pemanasan global.

Selain itu dampak yang ditimbulkan adalah terganggunya aktivitas penerbangan. Berbagai macam aktivitas penerbangan seperti paralayang, transportasi penerbangan, dan pelatihan militer angkatan udara menjadi terganggu karena kabut yang menyebabkan perubahan pada cuaca iklim.

Dampak pada ekosistem hutan sendiri adalah mengakibatkan hutan menjadi gundul sehingga tidak mampu menampung air. Bahkan, pada saat hujan akan terjadi banjir dan tanah longsor. Betapa mengerikan bukan? Karena dapat menyebabkan suatu bencana lalu bagaimanakah cara mencegah pemanasan global?

Sumber : unsplash.com

  • Melakukan Penghijauan dan Penanaman Pohon 

Pepohonan yang ada diyakini bisa menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan makhluk hidup karena semua yang hidup butuh oksigen untuk bertahan hidup. Langkah pertama cara mencegah pemanasan global adalah dengan menanam pohon disekitar rumah terlebih dahulu.

Penanaman pohon dapat menjadi cara mencegah pemanasan global karena dengan menanam pohon dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) juga menerapkan penanaman pohon pada wilayah-wilayah tertentu.

  • Meminimalisir Penggunaan Kendaraan Berbahan Bakar

Seperti yang kita tahu bahwa kendaraan berbahan bakar sering kita jumpai dimanapun kita berada. Manusia tidak bisa hidup tanpa transportasi karena lebih memudahkan urusan antar jarak tempat yang berbeda. Padahal, asap yang dikeluarkan dari kendaraan berbahan bakar menyebabkan pemanasan global. Alternatifnya adalah bisa menggunakan sepeda, atau jalan kaki apabila jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Selain itu ada pilihan menggunakan kendaraan umum seperti bus untuk mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar.

  • Mengurangi Pemakaian AC

Dalam AC terdapat senyawa organik hydrofluorocarbon atau HFC. HFC juga lebih kuat daripada karbon dioksida. Dengan adanya produksi pendingin ruangan seperti AC menyebabkan memperburuknya perubahan iklim.

  • Penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam Aspek Kehidupan Manusia

Langkah yang selanjutnya adalah langkah yang paling sederhana yaitu 3R. Reduce yang berarti meminimalkan kegiatan menggunakan produk kemasan seperti plastik. Reuse adalah kegiatan menggunakan kembali benda-benda yang dapat didaur ulang dan Recycle yang berarti mendaur ulang benda-benda tersebut sehingga dapat menghemat juga.

Demikian penjelasan mengenai cara mencegah pemanasan global yang dapat dilakukan. Penjelasan mengenai pembahasan lebih lanjut mengenai pemanasan global dan ilmu sains lainnya dapat diperoleh dengan ikut bergabung dalam Les Privat Pustaka Guru. Jika bukan kita yang menjaga, siapa lagi? Jika tidak sekarang, kapan lagi? Mari mulai dari diri sendiri 🙂