fbpx

Pembiasaan les renang kini mulai digalakkan oleh para orangtua dengan tujuan agar anak lebih komunikatif dan juga bergaul dengan teman sesamanya. Hal ini dipengaruhi dengan budaya kecanduan gadget yang mulai merambah ke dunia anak dan balita. Khususnya pada anak yang baru bertumbuh dan berkembang.

Kecanduan gadget dapat memberi dampak positif dan negatif namun tentu saja lebih banyak dampak negatifnya terutama pada bidang psikis dan motorik. Motorik anak yang sudah kecanduan gadget jauh berkembang lebih lambat daripada anak pada umumnya. Gejala seperti ini memang tidak langsung terlihat namun para orangtua tentu harus mewaspadainya.

Tips Agar Anak Mau Ikut Les Renang 

Membiasakan anak untuk melakukan olahraga renang dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang ingin menghilangkan kebiasaan kecanduan gadget pada anak. Dengan mengikuti les renang, anak akan mudah bergaul dengan teman sebaya yang memiliki kegemaran serupa dan juga tidak bergantung pada gadget kembali. Tips agar anak mau mengikuti les renang dengan semangat adalah

1. Biarkan Dirinya Mengeksplor Gaya Renang Sebebas Mungkin

Anak tidak perlu terlalu dikungkung dalam peraturan untuk dapat berkembang secara sehat. Dengan membiarkannya mengeksplor kegiatan renang secara pribadi, dapat meningkatkan kemauan anak untuk mengikuti les renang tanpa paksaan.

2. Selalu Menemani Anak Dalam Setiap Kegiatan

Adanya peran orangtua di dalam kegiatan seorang anak dapat meningkatkan kemauan anak untuk berkembang di bidang itu lebih jauh. Anak juga dapat merasa dihargai usahanya dengan selalu disemangati di setiap kegiatannya.

3. Berikan Penghargaan Pada Akhir Kegiatan

Berilah pujian setiap akhir kegiatan dengan membahas tentang apa saja yang terjadi ketika kegiatan berlangsung. Anak akan secara antusias bercerita dan memperagakan setiap kejadian dan tentunya itu akan melatih psikisnya menjadi lebih baik.

Akibat Dari Kecanduan Gadget

Perlu diketahui seorang anak yang kecanduan gadget cenderung memiliki sifat pemarah dan tidak sabaran. Sifat itu akan terlihat ketika anak mengalami suatu kejadian dimana keinginan tidak terpenuhi. Sifat itu akan langsung keluar secara menggebu dan itu tidak baik pada psikis seorang anak.

Berbeda dengan anak umum, mereka dapat menahan amarah dan juga kemauan serta mengerti perasaan orang di sekitarnya sehingga mampu untuk beradaptasi dengan baik. Hal seperti ini yang harusnya dihindari. Karena penggunaan gadget sesungguhnya memang bukan diperuntukkan untuk anak-anak apapun kegiatannya.

Usahakan untuk membatasi pemakaian gadget pada anak dan biarkan anak bermain dengan permainan khusus anak-anak yang dapat melatih otot dan otak anak. Beri permainan dan tontonan yang sesuai dengan anak agar anak dapat mengerti dan bertumbuh secara pelan dan pasti.

Itulah penjelasan singkat mengenai tips agar anak mau mengikuti les renang dengan semangat. Mengikutsertakan anak pada suatu kegiatan dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi pada lingkungan sekitar sehingga anak dapat mengerti macam-macam sifat dan karakter orang di sekelilingnya.