fbpx

Fase masa anak-anak tugas terpentingnya adalah dapat tumbuh dan berkembang secara baik. Sudah menjadi tugas orang tua memikirkan aktifitas yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Les renang bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. Pasalnya renang dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti yang dijelaskan di bawah ini :

1. Membantu Melatih Otot Anak

Pada saat berenang semua otot-otot di tubuh anak akan digerakkan untuk bisa bergerak di air. Pergerakan otot yang dilakukan saat di air memberikan beban yang secara sedikit demi sedikit dapat merangsang otot anak agar berfungsi dan tumbuh lebih baik.

2. Membentuk Postur Tubuh

Aktivitas berenang dapat melatih tubuh anak-anak agar ke depannya dapat memiliki postur tubuh yang baik. Pada saat berenang seluruh tubuh melakukan gerakan sehingga sehingga dapat merangsang tulang tumbuh dengan optimal. Dengan otot yang kuat dan pertumbuhan tulang yang baik bisa membuat anak memiliki postur yang tinggi, tegap dan otot yang kencang tidak lembek.

3. Melatih Syaraf Motorik

Saraf motorik adalah saraf yang bertugas mengkoordinasikan gerak di tubuh manusia. Anak yang mengikuti les renang akan melatih syaraf-syaraf motoriknya. Sehingga syaraf-syaraf tersebut dapat tumbuh secara optimal.

4. Melatih Pernafasan & Jantung

Salah satu aspek terpenting dari berenang adalah pernapasan. Pada saat berenang kerja paru-paru benar-benar dioptimalkan sehingga bisa terlatih otot-ototnya. Demikian juga jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga selama berenang bisa dibilang melatih jantung anak agar lebih sehat.

5. Mengembangkan Kemampuan Mengikuti Instruksi

Banyak sekali orang tua yang mengeluh mengenai anaknya yang sulit sekali fokus memahami instruksi. Anak-anak sering kali tidak sabar dan mudah beralih fokus, sehingga menyulitkan orang tua. Salah satu kelebihan dari les berenang adalah prosesnya dapat melatih anak-anak untuk mampu fokus pada instruksi yang diberikan pelatihnya.

 6. Meningkatkan Kecerdasan

Berenang adalah aktivitas yang cukup kompleks. Hal ini karena berenang memfungsikan seluruh bagian tubuh untuk ikut bergerak. Dalam proses bergerak tersebut otak akan berlatih menata urutan-urutan gerak, mengatur keseimbangan ritme dan mengatasi hambatan ketakutan.

Oleh karena itu anak-anak yang ikut les renang bisa meningkatkan kecerdasannya. Penelitian di Universitas Griffith, Queensland yang meneliti anak-anak yang belajar berenang sejak kecil mengungkapkan bahwa berenang dapat meningkatkan kecerdasan anak, dan mampu mengingat instruksi lebih detail.

7. Meningkatkan Keberanian dan Percaya Diri

Belajar berenang pasti pernah merasakan sensasi tenggelam dengan sesak napas di dalam air, rongga hidung kemasukan air, dan lain-lain. Tentu rasanya tidak nyaman. Bahkan beberapa dari kita bisa takut karena hal itu.

Akan tetapi les berenang diajari untuk menghadapinya dengan tenang. Ini mengajarkan anak untuk berani menghadapi masalah serta ketakutan yang ada di depannya, dan tidak mudah menyerah.

Dari penjelasan di atas dapat terlihat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak bila mengikuti les berenang. Berenang sejak anak-anak dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebaiknya para orang tua mulai mempertimbangkan mengikutkan berenang anak-anaknya.