fbpx

Banyak sekali orang yang menawarkan diri menjadi guru les privat ngaji. Mulai dari teman sekantor, tetangga, kawan lama, dan lain sebagainya. Jangan sembarangan memilih guru mengaji bagi anak, karena jika salah pilih terkadang justru membuat anak menjadi tidak suka mengaji. Berikut ini adalah tips memilih guru privat mengaji yang baik.

1. Pilih yang Kompeten

Sebaiknya pastikan sebelum memilih guru les privat ngaji pastikan benar-benar bahwa ia berkompeten dalam membaca Al-Quran. Apabila laki-laki dapat dilihat dengan mengajaknya sholat berjamaah dan posisikan ia menjadi imam. Lalu perhatikan bagaimana ia membaca Al-Fatihah dan surat pendek, apakah fasih atau tidak.

Apabila kesulitan bisa dilihat dari latar belakang pendidikan masa lalunya. Mulai dari lulusan mana, apakah dari sekolah Islam atau tidak, apakah pernah menjadi santri di salah satu ponpes atau tidak. Tidak ada salahnya juga mengetesnya terlebih dahulu, atau bertanya-tanya pada orang yang pernah menggunakan jasanya.

2. Pilih yang sesuai dengan Orientasi Pembelajaran Mengaji

Mengikutkan anak pada les privat ngaji tentu memiliki tujuan. Apakah belajar mengaji berorientasi menjadikannya hafidz atau hafidzah. Apakah untuk pembacaan qiraat yang merdu. Ataukah untuk meng-khatam-kan bacaannya, ataukah untuk sekedar mampu membaca dengan benar untuk keperluan beribadah sehari-hari.

Pilihlah guru les mengaji yang memiliki kemampuan ke orientasi yang diinginkan tersebut. Apabila berorientasi hafidz pilihlah guru yang hafidz pula. Apakah keperluannya untuk keindahan qiraat maka pilihlah guru yang mampu mencontohkannya serta melatih anak menuju sana.

3. Kesabaran dan Ketekunan Mengajari anak-anak

Tidak semua orang yang mampu mengaji dengan baik mampu memiliki kesabaran menghadapi tingkah dari anak-anak. Mengajar anak-anak perlu keterampilan untuk menarik perhatian, mengajarkan berulang-ulang dan memfokuskan anak-anak dalam belajar. Serta yang paling penting harus mampu menciptakan atmosfir belajar mengaji yang menyenangkan bagi anak-anak.

Oleh sebab itu penting kiranya melihat apakah seorang guru mengaji tersebut memilikinya. Mengetahuinya bisa dengan melihat jam terbang pengalamannya mengajar, atau melalui review dari mereka yang pernah menggunakan jasanya.

4. Mudah Berkomunikasi

Guru les privat ngaji untuk anak yang baik haruslah memiliki jalinan komunikasi yang baik dengan orang tua. Dengan jalinan komunikasi yang baik diantara orang tua dan pengajar akan dapat memantau perkembangan keterampilan siswa. Serta terjalin keterbukaan dalam pengajaran mengaji menjadi sangat diperlukan.

5. Track Record Moral yang Baik

Guru mengaji privat pada saat mengajarkan akan berinteraksi intens dengan anak-anak. Selain itu juga akan diijinkan masuk ke dalam lingkungan rumah apabila tempat lesnya disepakati di rumah. Oleh karena itu ada baiknya memilih yang memiliki rekam jejak baik dalam moralitasnya.

Menanyakan pada orang yang pernah menggunakan jasa mereka bisa lebih baik. Bisa juga dengan mengajak berbincang-bincang terlebih dahulu sebelum menggunakan jasanya. Serta tetap mengawasi selama menggunakan jasanya.

Itulah tips-tips memilih guru les privat ngaji yang baik untuk anak-anak. Dengan tips itu diharapkan mampu membantu dalam memilih guru mengaji paling cocok mengajarkan mengaji pada anak-anak. Dengan demikian anak-anak dapat ditanamkan kecintaan terhadap kegiatan keagamaan.