fbpx

Mengaji adalah salah satu keterampilan dasar dalam menjalankan perintah agama Islam. Siapapun yang beragama Islam sebaiknya bisa membaca Al-Quran. Terkadang ada orang yang kesulitan belajar membaca Al-Quran jika beramai-ramai. Bagi mereka yang demikian, solusinya adalah mengikuti les privat ngaji. Berikut ini adalah beberapa keuntungan mengikuti les mengaji secara privat.

1. Lebih Mudah Fokus

Bagi beberapa orang baik dewasa maupun anak-anak masalah yang cukup berpengaruh dalam keberhasilan belajar adalah suasana yang mendukung. Suasana yang gaduh, banyak orang bercakap-cakap terkadang membuat sulit untuk belajar.

Melalui belajar mengaji secara privat maka proses suasana lingkungan ketika belajar dapat sepenuhnya kita kendalikan. Kita dapat memilih tempat-tempat yang nyaman bagi kita untuk belajar mengaji. Belajar mengaji di rumah sendiri dengan memanggil guru ngaji privat dapat menjadi pilihan yang bagus.

2. Tidak Malu dan Fokus Pada Perkembangan Sendiri

Memiliki niat dan semangat belajar mengaji adalah suatu hal yang sangat baik. Namun terkadang ada saja orang yang bilang “sudah tua baru belajar mengaji”, atau “ah masih iqra’ aku sudah khatam Al-Qur’an”, dan lain-lain. Perkataan semacam itu bagi beberapa anak atau orang yang awalnya sudah semangat menjadi menurun bahkan hilang semangatnya.

Solusi bagi mereka yang mengalami atau berpotensi demikian adalah ikut les privat ngaji. Melalui belajar secara privat biasanya kita dapat lebih fokus pada perkembangan kemampuan sendiri. Tidak mudah terpengaruh dengan penilaian orang. Apalagi biasanya ustad dan guru ngaji privat pandai memotivasi muridnya.

3. Lebih Cepat Lancar

Hal yang biasanya juga dipertimbangkan untuk ikut les privat ngaji dibandingkan belajar secara berkelompok atau kelas adalah peningkatan kemampuannya yang lebih cepat. Saat belajar secara berkelompok maka fokus guru ngaji pada beberapa peserta.

Seandainya waktu les adalah 2 jam dan pesertanya 8 anak maka rata-rata per anak mendapatkan jatah waktu kurang lebih 15 menit setiap anak. Namun apabila sendiri waktu yang didapatkan bisa jauh lebih banyak. Sehingga peningkatan kelancaran jauh lebih cepat dari pada belajar secara kelas ataupun kelompok.

4. Lebih Berkembang

Keunggulan yang lainnya adalah bisa lebih berkembang. Biasanya tahapan-tahapan dalam mengaji setelah bisa membaca bunyi bacaannya adalah memperbaiki makhraj yaitu penerapan tajwid secara baik dan benar. Tahap selanjutnya biasanya adalah melantunkannya dalam lantunan yang indah. Selain itu bisa juga dilanjutkan pada upaya mencapai hafidz.

Dengan mengikuti belajar mengaji secara privat perkembangan untuk mencapai tahapan-tahapan di atas bisa dicapai dengan tahap yang lebih cepat. Apalagi apabila dilakukan sejak usia dini.

5. Cara Pembelajaran yang Sesuai Kondisi Diri

Hal yang sering menjadi ketidak cocokan dalam belajar berkelompok atau bersama adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran membaca Al-Quran berkelompok biasanya dipukul rata untuk semua murid. Padahal terkadang kemampuan, kecepatan dan gaya belajar tiap orang berbeda-beda.

Inilah keunggulan les privat, yang mana guru ngaji privat yang baik biasanya mampu melihat bagaimana mengajari muridnya dengan cara terbaik sesuai kecepatan, dan gaya belajar nya. Bahkan dapat lebih mengenal bagaimana memacu motivasi agar terus terjaga.

Les privat ngaji bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin belajar mengaji dengan situasi yang lebih kondusif. Selain itu juga bagi mereka yang ingin menguasai keterampilan mengaji dengan lebih cepat.