fbpx

Tidak hanya belajar akademik, namun mengaji juga menjadi salah satu bekal yang penting untuk masa depan anak. Sebagian besar orang tua menanamkan budaya mengaji pada anak bahkan ketika usia mereka masih dini. Ada yang mengaji di madrasah dan ada pula yang les privat ngaji dengan mendatangkan guru ke rumah. Nah berikut ini beberapa alasan mengapa les privat ngaji sangat penting untuk pendidikan karakter anak, antara lain :

1. Memiliki Bekal Agama Yang Cukup

Salah satu alasan mengapa les privat ngaji menjadi sangat penting adalah memiliki bekal agama yang cukup. Tidak dipungkiri bahwa zaman yang semakin modern ini akan ditemukan banyak sekali hal-hal yang mungkin tidak sesuai syariat islam. Dengan belajar ngaji sejak dini, sama halnya dengan melatih karakter anak untuk menjalani kehidupan sesuai dengan syariat agama islam.

2. Memiliki Pondasi Yang Kuat

Agama menjadi salah satu pilar penting dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itulah, dalam agama diajarkan bagaimana berhubungan dengan pencipta dan sesama. Anak-anak yang mengikuti les privat ini akan memiliki pondasi yang kuat berkenaan dengan agama yang sudah diajarkan sejak dini. Sehingga ke depan, anak-anak bisa menerapkan sikap dan perilaku yang baik karena sudah memiliki pondasi yang kuat.

3. Akan Lebih Mencintai Agamanya

Semakin belajar, maka biasanya akan muncul kecintaan terhadap sesuatu yang dipelajari. Hal ini juga berlaku pada anak-anak yang mengikuti les privat ngaji. Lambat laun pasti akan timbul kecintaan terhadap kebiasaannya mengaji dan berdampak pada kecintaan pada agamanya. Oleh karena itulah, mengikutsertakan anak pada les ini tentu akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk kehidupan di dunia namun juga kehidupan di akhirat.

4. Mampu Mencerdaskan Otak

Menurut penelitian dari beberapa ahli, 3 aktivitas yang dilakukan sekaligus yaitu melihat, mendengar dan membaca mampu mencerdaskan otak. Hal ini karena otak dilatih untuk bekerja secara multitasking. Kegiatan membaca alquran sendiri merupakan gabungan dar ketiga aktivitas tersebut yang berarti mampu meningkatkan kecerdasan anak hingga 80 persen jika dibaca setelah subuh dan maghrib.

5. Mampu Menambah Ilmu Dan Wawasan

Alquran adalah ilmu dari segala ilmu sehingga mengajarkan ngaji pada anak sejak usia dini berarti memberikan wawasan dan ilmu yang baru kepada mereka. Dalam alquran, akan ditemukan banyak sekali teori-teori yang kini mulai dipakai seiring perkembangan jaman. Kegiatan mengaji yang rutin dilakukan setiap hari akan membawa dampak yang positif bagi perilaku dan kepribadian anak.

Nah itulah 5 alasan mengapa les privat ngaji menjadi salah satu hal yang penting untuk membentuk karakter anak. Dengan mengaji tentu waktu luang anak akan jauh lebih berguna dan bermanfaat karena belajar ilmu agama dibandingkan dengan bermain gadget yang biasa dilakukan oleh semakin besar anak-anak di era milenial ini.