fbpx

Salah satu tugas orang tua adalah mengarahkan putra-putrinya agar optimal pertumbuhan fisik dan perkembangan mentalnya. Itu sebabnya banyak orang tua mencari tambahan kegiatan bagi putra-putri mereka. Mengikutkan les musik bisa menjadi pilihan yang bagus karena musik dapat meningkatkan kecerdasan otak dan juga perkembangan motorik anak.

Musik Meningkatkan Kecerdasan Otak

Musik terdiri dari alunan suara nada yang diatur dengan ritme, diatur berpola membentuk rangkaian yang harmonis. Susunannya yang demikian tentu harus diproduksi dengan cara yang kreatif namun sistematis dengan intensi emosi yang mendalam.

Cara semacam itulah yang diajarkan dalam bermusik. Sehingga tidak heran apabila anak yang mengikuti kursus musik memiliki perkembangan yang berbeda dari kebanyakan anak-anak lainnya. Beberapa penelitian mengungkapkan pengaruh belajar musik pada kecerdasan anak-anak, berikut penjelasannya.

  • Meningkatkan Kemampuan Matematika dan IQ. Sebanyak 90 anak berusia 6-15 tahun diteliti oleh peneliti Chinese University menunjukan bahwa mereka yang mengikuti memiliki peningkatan kecerdasan lebih baik daripada anak-anak yang tidak mengikuti les sama sekali.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa. John Gabrieli dari MIT mempelajari anak-anak yang belajar piano. Ia menjelaskan bahwa belajar piano dapat melatih anak dalam mendengarkan detil-detil suara nada dari piano. Kemampuan tersebut sangat membantu dalam proses perkembangan kemampuan berbahasa.

Mengapa musik bisa berpengaruh pada kecerdasan-kecerdasan di atas? Atau bagaimana musik bisa mempengaruhi kecerdasan? Pertanyaan itu telah dijawab oleh ahli neuron Roger Sperry. Ia menjelaskan bahwa proses kecerdasan yang melibatkan otak pada dasarnya adalah keluasan dan kecepatan koneksi antar saraf otak (neuron).

Akan tetapi pada awalnya neuron  itu terpisah-pisah satu dengan lainnya. Agar bisa terkoneksi harus distimulasi. Musik dapat berperan memberi stimulasi menghubungkannya. Itulah sebabnya anak-anak yang les musik dapat lebih meningkat kecerdasannya.

Musik Mengembangkan Kemampuan Motorik

Keterampilan motorik adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Biasanya diukur dengan kelenturannya bergerak, kekuatan serta serta ketepatan waktunya. Ternyata selain meningkatkan kecerdasan otak musik juga mampu meningkatkan keterampilan motorik anak.

Banyak studi menjelaskan hal ini. Salah satunya menjelaskan anak-anak yang mengikuti les musik secara berkelanjutan selama minimal 3 tahun memiliki kemampuan pendengaran serta kemampuan gerak motorik lebih baik daripada yang sama sekali tidak belajar musik.

Hal ini bisa diperhatikan pada proses belajar alat musik seperti gitar, piano, perkusi dan alat musik lainnya. Kedua tangan dituntut melakukan gerak tangan yang berbeda antara kanan dan kiri. Selain itu gerakannya harus mengikuti ritme ketukan yang tepat agar menghasilkan bunyi yang harmoni. Proses latihan tersebut mampu mengembangkan kemampuan koordinasi gerak yang baik.

Itulah pengaruh belajar musik terhadap perkembangan kecerdasan dan keterampilan motorik. Mulai Pra orang tua sebaiknya mulai pertimbangkan putra-putri mereka untuk mengikuti les musik. Rekomendasi untuk memulai sekedar diperkenalkan musik bisa sejak bayi. Sedangkan untuk les musik mulai bisa dilakukan sejak mulai memasuki usia sekolah, sekitar usia 6 atau 7 tahun.