fbpx

Sejak anak bayi, musik menjadi media yang bisa mendekatkan orang tua dan anak. Saat anak terlihat tertarik dengan musik misalnya ingin bisa bermain alat musik maka orang tua perlu memfasilitasi. Caranya dengan mengikutkan anak  les musik sesuai dengan minatnya. Belajar musik sendiri memiliki banyak kelebihan untuk anak. Berikut ini beberapa manfaat les alat musik dan menyanyi untuk anak:

1. Membantu Meningkatkan Kemampuan Otak

Musik menurut penelitian ternyata mampu memberikan keuntungan kesehatan bagi anak-anak. Salah satunya yaitu membantu meningkatkan kemampuan otak dan fungsi memori. Ada penelitian yang menemukan bahwa otak seorang musisi bekerja berbeda dari yang bukan musisi. Ini juga menunjukkan bahwa secara akademis, murid yang belajar musik mendapat hasil lebih baik di sekolah.

2. Membantu Mengembangkan Keahlian Bersosialisasi

Anak yang mengikuti les musik akan bertemu dengan guru musik serta murid-murid yang belajar di sana. Kadang mereka harus bermain musik dengan berkolaborasi bersama murid lainnya. Ini bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan orang lain saat belajar musik. Les menyanyi kadang perlu membentuk grup bersama murid lain untuk bernyanyi bersama.

3. Membantu Anak Percaya Diri

Anak-anak yang memiliki keahlian tertentu cenderung punya rasa percaya diri. Les alat musik atau menyanyi bisa jadi cara untuk membuat anak memiliki keahlian tersebut. Saat anak sudah bisa menguasai alat musik atau teknik menyanyi maka akan membantu mereka lebih percaya diri.

Orang tua juga perlu mendorong anak agar percaya pada kemampuan mereka. Les bermusik juga tak berarti harus menang di kontes musik. Anak hanya perlu untuk menghargai keahliannya sendiri yang mungkin tak dimiliki orang lain yang tak mengikuti les.

4. Meningkatkan Kreativitas

Semua orang mungkin setuju jika musisi merupakan orang yang kreatif. Mereka bisa memainkan nada di alat musiknya, kadang juga diimbangi dengan kemampuan menulis lirik dan mengarang lagu. Anak-anak yang terlihat tertarik pada musik perlu dibimbing sehingga kreativitasnya bisa diarahkan dengan baik melalui musik.

5. Menghindarkan Anak Dari Bermain Gadget

Salah satu manfaat dari les musik yaitu bisa menghindarkan anak dari bermain ponsel atau gadget. Saat mengikuti les, anak pastinya diharuskan fokus untuk belajar bermusik. Waktu luang mereka bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.

Di ponsel memang ada aplikasi belajar musik namun les di tempat musik tentu akan berbeda. Anak bisa memegang alat musik secara langsung tidak hanya melalui gadget.

Orang tua pastinya ingin agar anak bisa menghabiskan waktunya dengan lebih bermanfaat. Ada banyak sekali les yang bisa diikuti salah satunya les alat musik atau menyanyi. Ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak namun tetap bisa meningkatkan keahlian mereka. Pahami terlebih dahulu apa jenis musik dan bakat yang dimiliki anak sehingga bisa memasukkan mereka ke tempat les yang tepat.