fbpx

Kursus musik mungkin belum dianggap sesuatu yang penting bagi sebagian besar orang tua. Lalu bagaimana jika anak tiba-tiba menyatakan keinginannya untuk mengikuti les musik? Mungkin orang tua sedikit kaget namun ini merupakan hal yang baik dan patut didukung. Ikuti saja tips-tips di bawah ini jika anak ingin mengikuti les atau kursus musik.

Tips Menghadapi Anak Minta Les Musik

Sebagai orang tua harusnya bersyukur jika anak ingin melakukan hal yang positif seperti bermain musik daripada anak main gadget saja di rumah. Hanya saja lakukan semuanya dengan benar agar les yang diikuti anak bisa maksimal hasilnya. Berikut ini adalah tips menghadapi anak yang ingin kursus musik:

1. Pastikan Anak Telah Siap Mengikuti Les

Jika anak mengatakan ingin ikut les jangan langsung dituruti, pastikan dulu komitmen anak apakah siap mengikuti seluruh jadwal les. Jangan sampai sudah mendaftar les tetapi di tengah jalan anak tidak mampu mengikutinya maka akan terjadi sebuah kerugian.

2. Bantu Anak Mencari Tempat Les Musik Yang Memiliki Reputasi

Setelah meyakinkan anak jika benar-benar komitmen mengikuti les dengan serius sampai selesai maka carilah tempat les. Cari referensi sebanyak-banyaknya dari media online, media cetak referensi teman, referensi lulusan dan sumber lainnya. Pilih satu tempat les musik yang memiliki reputasi baik dan sebisa mungkin mudah dijangkau.

3. Pertimbangkan Biayanya

Biaya masih selalu menjadi satu pertimbangan penting jika akan memasukkan anak ke tempat les termasuk musik. Jangan sampai biaya yang harus dibayar diluar kemampuan finansial keluarga karena akan memberatkan ekonomi keluarga. Pilih tempat les yang menawarkan biaya sesuai kemampuan keluarga agar tidak memberatkan.

4. Sesuaikan Jadwal Anak

Hal penting yang harus diperhitungkan adalah jadwal anak yang akan mengikuti les. Jangan sampai jadwal les bentrok dengan jadwal sekolah karena akan merugikan bagi anak. Bagaimana pun sekolah tetap jadi yang utama sehingga jangan sampai jadwal les mengganggu jadwal sekolah. Sebagai orang tua harus membantu anak menyusun jadwalnya dengan benar agar tidak saling mengganggu.

5. Dukung Sepenuhnya Keinginan Anak

Beri dukungan sepenuhnya bagi anak yang memiliki keinginan positif seperti itu. Walau pun bukan berasal dari kalangan pemusik beri dukungan saja pada anak agar bisa mendalami hobi bermusiknya. Ini akan menjadi satu hal yang positif bagi anak karena memiliki jadwal padat dan tidak sempat hanya bengong atau bermain gadget.

Demikian tips yang akan membantu orang tua saat menghadapi anak yang ingin mengikuti les musik. Dengan les musik maka anak akan semakin positif dan memiliki nilai lebih dibandingkan anak lain. Anak yang sibuk dengan les musik maka tidak akan memiliki kesempatan melakukan hal negatif seperti bermain gadget (handphone) terus menerus.