fbpx

Jangan remehkan les lukis yang bisa diikuti anak-anak di luar jam sekolahnya sebagai kegiatan tambahan. Ternyata banyak sekali fungsi dari belajar lukis bagi anak-anak yang masih dalam masa perkembangan baik fisik atau mentalnya. Di bawah ini adalah fungsi les atau kursus lukis bagi anak yang masih dalam masa perkembangan:

1. Media Eksperimen

Melukis bisa menjadi media eksperimen bagi anak yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Anak akan bereksperimen dengan gambar, warna, bentuk dan lainnya dengan melukis di berbagai media gambar. Dengan begitu anak bisa mencoba berbagai hal yang diinginkannya dengan warna dan alat lukis lainnya untuk bereksperimen sendiri. Anak akan tahu lebih banyak tentang warna dan gambar dibandingkan lainnya.

2. Media Terapi

Melukis bahkan bisa menjadi media terapi bagi anak, karena bisa digunakan untuk meluapkan isi hati dan perasaan si anak. Anak bisa melukis atau memilih warna untuk menunjukkan perasaan atau emosi yang sedang dialaminya. Dengan demikian anak tidak akan pernah memendam emosi negatifnya melainkan merubahnya menjadi lukisan atau gambar. Ini akan menjadi terapi yang ampuh bagi anak karena tidak mendendam.

3. Media Belajar Warna

Anak bisa mempelajari berbagai warna dengan mengikuti kursus melukis bersama gurunya. Hal itu karena anak pasti diajarkan tentang warna-warna yang digunakan untuk melukis dan cara pencampurannya sehingga anak akan banyak belajar. Mempelajari warna akan menjadi hal yang menyenangkan bagi anak kecil yang selalu ingin tahu, melukis dan mewarnai memang tidak terpisahkan.

4. Media Belajar Mengenal Garis Dan Bidang

Dengan mengikuti les lukis anak akan banyak belajar tentang garis dan bidang yang merupakan dasar melukis. Garis merupakan hal dasar yang harus diketahui anak sebelum melukis sebuah gambar penuh. Demikian juga dengan bidang yang merupakan bentuk dasar dari sebuah bangun ruang. Anak akan memahami garis dan bidang lebih cepat dari temannya yang tidak mengikuti les.

5. Media Mengembangkan Kemampuan Motorik

Selain kemampuan sensorik kemampuan motorik anak juga akan di asah dalam kelas melukis. Motorik anak secara tidak langsung akan diasah oleh guru lukisnya dengan terus mengajarkannya melukis dalam sebuah media lukis.

Otot tangan anak akan terus berkembang seiring dengan peningkatan kemampuan lukisnya. Memang otot tangan merupakan yang paling berkembang pada anak yang mengikuti les lukis dan ini akan baik untuk kepentingan anak di masa depannya.

Les lukis memang akan memberikan banyak sekali fungsi bagi anak karena bisa menjadi berbagai media yang bermanfaat. Orang tua bisa manfaatkan les ini untuk berbagai hal yang bermanfaat bagi perkembangannya. Bagi orang tua yang memiliki anak kecanduan gadget (Hp) juga bisa memanfaatkan les ini untuk mengatasinya. Anak akan meninggalkan gadget dengan sendirinya setelah sibuk dengan kegiatan melukisnya.