fbpx

Tak bisa dipungkiri, ada banyak anak yang takut saat hendak diajari berenang, maka Anda membutuhkan beberapa cara untuk mengatasi anak yang takut berenang tersebut. Bukannya memaksakan, tapi berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat bermanfaat jika dikuasai dengan baik.

Dengan memahami olahraga renang ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain tubuh yang sehat, olaharaga satu ini juga bisa menjadi sarana rekreasi dan menjadi senjata dalam kondisi darurat. Kemampuan renang terbukti sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain dalam kondisi yang darurat.

Lantas apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang takut berenang itu? Sebenarnya banyak, tapi alangkah lebih baik jika Anda mengetahui dulu hal apa saja yang membuat anak itu sendiri menjadi takut untuk berenang. Simak paparan selengkapya di bawah ini.

Hal Yang Membuat Anak Takut Untuk Berenang

Sebelum kita lanjut pada cara mengatasi anak yang ketakutan berenang, Anda harus memahami terlebih dahulu penyebab dari rasa takut itu sendiri. Hal pertama yang biasanya menjadi penyebab anak takut berenang adalah air itu sendiri. Seringkali anak anak merasa enggan saat harus bersentuhan dengan air dan malah marahataupu takut saat hendak diajari berenang.

Hal lain yang memicu anak takut berenang adalah takut wajahnya basah. Biasanya anak anak memiliki kecenderungan akan hal seperti ini. Mereka ketakutan kalau air masuk ke dalam hidung atau telinganya, sehingga kesulitan untuk mendengar karena berdengung. Terlebih jika mereka pernah mengalaminya. Akan muncul rasa trauma di benak mereka pastinya.

Hal terakhir yang memicu anak takut berenang adalah kedalaman. Mereka biasanya enggan untuk berenang jika melihat kedalaman kolam. Jadi saat Anda hendak mengatasi anak yang takut berenang, hal pertama yang harus diperhatikan adalah penyebab dari rasa takut itu sendiri agar prosesnya lebih efektif.

Cara Membantu Anak Untuk Menghadapi Rasa Takut Saat Berenang

Untuk mengatasi anak yang takut latihan berenang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memulai secara perlahan. Lakukan secara lembut dan berikan arahan terhadap anak dengan baik. Tetap bersabar jika mereka menolak. Bila perlu lakukan pendampingan agar mereka lebih berani. Untuk sesi awal Anda bisa memulai dengan duduk duduk di pinggir kolam dangkal, supaya anak lebih tertarik untuk bermain air.

Cara mengatasi anak yang takut berenang selanjutnya adalah dengan membicarakan ketakutan anak tersebut secara langsung. Sebagai tips, jangan pernah menceritakan rasa takutnya itu kepada orang lain. Hal ini akan membuat mental anak menjadi jatuh. Jika kemudian Anda mempercayakan anak Anda para guru privat renang, alangkah baiknya untuk mengucapkan anak saya belum bisa berenang dibanding takut berenang.

Jika Anda hendak mempercayakan kebutuhan renang anak kepada jasa kursus, pilihlah jasa yang terpercaya. Dalam hal ini, Pustaka Guru merupakan salah satu rekomendasik terbaik. Dengan pengalaman yang sudah matang di bidangnya, kami pastikan proses belajar renang anak Anda akan jauh lebih efektif dan tanpa kendala. Segera hubungi tim kami di nomor WA 081229243425 atau IG @bimbelpustakaguru atau via facebook dipustakaguru.belajarkreatif  untuk masalah Anda mengatasi anak yang takut berenang.