Kiat-kiat Sukses Olimpiade Sains Internasional. Di zaman seperti sekarang ini, banyak sekali olimpiade yang diperlombakan untuk para pelajar di berbagai negara. Baik untuk tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Akhir (SMA). Bahkan, tak sedikit dari mereka turut membanggakan negara atas capaian yang diraih dalam mengikuti kompetisi bergensi tersebut.

Berbicara soal kompetisi di kalangan pelajar, kini banyak sekali olimpiade yang turut diperlombakan oleh pihak berwenang. Sebagai contoh seperti Japan International Science and Mathemathics Olympiads (JISMO) dan Singapore And Asian Schools Maths Olympiads (SASMO). Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengikuti kompetisi bergengsi tersebut, ada baiknya simak informasi kiat sukses menghadapi olimpiade berikut ini.

 

Definisi Olimpiade Sains Internasional

Sebuah ajang perlombaan di bidang sains yang diselenggarakan tiap tahun di tingkat internasional dan diikuti peserta dari berbagai negara di dunia. Umumnya, perlombaan ini diikuti oleh 4-6 siswa terpilih untuk mewakili sekolah maupun negaranya sendiri. Dalam proses pemilihan siswa ini, biasanya akan lebih dulu diseleksi melalui perlombaan sains nasional di masing – masing negara.

Bagaimana Kiat-kiat Sukses Olimpiade Sains Interansional Bagi Anda?

  1. Tanamkan Minat dan Motivasi Diri Sendiri

Hal paling utama sebelum menghadapi kompetisi perlombaan adalah dengan menanamkan minat dan motivasi pada diri sendiri. Pastikan untuk menyukai salah satu bidang ditekuni dalam pembelajaran sains. Selain itu, pupuk motivasi diri untuk belajar tanpa adanya paksaan sebagai upaya dalam menghadapi perlombaan.

2. Bersikap Percaya Diri dalam Menerapkan Kiat-kiat Sukses Olimpiade Sains Internasional Bagi Anda

Kunci sukses menghadapi olimpiade sains adalah dengan menamamkan sikap percaya diri pada diri sendiri. Dengan meyakini kemampuan pada diri sendiri mampu membuat kesuksesan dapat diraih dengan lebih mudah. Selain itu, perlu yakin bahwa setiap usaha yang dikerjakan tidak akan menkhianati hasil yang dicapai di waktu mendatang.

3. Membentuk Perkumpulan Belajar Bersama Teman

Mempunyai kegemaran sama dalam bidang sains menjadi satu harapan untuk belajar bersama dengan teman. Dalam hal ini, Anda bisa untuk membuat keleompok belajar aktif yang mempiliki fungsi dan tugasnya masing-masing untuk mempersiapakan materi lomba dalam menghadapi ajang perlombaan.

4. Mampu Mengatur Waktu Secara Efektif

Mengingat pesiapan adalah hal paling penting, maka Anda perlu mengatur waktu dengan matang sebelum menghadapi ajang olimpiade dengan orang lain dari berbagai negara. Oleh karena itu, atur waktu latihan sebelum mengikuti perlombaan agar hasilnya nanti tidak mengecewakan banyak pihak.

5. Selalu Berlatih Materi Soal

Dikarenakan olimpiade yang akan dihadapi merupakan tingkat internasional, maka penting bagi Anda untuk selalu berlatih kisi-kisi materi soal yang diberikan oleh guru pembimbing. Dengan berlatih secara rutin, Anda mampu menganalisis jawaban dengan tepat saat menghadapi berbagai soal yang diujikan dalam olimpiade.

6. Berdiskusi dengan Mentor

Tidak hanya berlatih soal, Anda juga perlu untuk selalu berdiskusi dengan mentor dalam membahas soal-soal yang dirasa sulit. Hal ini dapat dijadikan sebagai alternatif jika Anda menemui soal yang sulit terpecahkan.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti kompetisi bergensi tingkat internasional, tidak ada salahnya menerapkan kiat-kiat sukses olimpiade sains internasional seperti di atas. Selain itu, Anda juga bisa memilih bimbingan belajar di Pustaka Guru untuk mendapatkan kisi-kisi dalam menghadapi soal-soal olimpiade yang diujikan.