fbpx

Mempelajari ilmu keagamaan bukan hanya ditujukan untuk masa kanak-kanak hingga remaja saja. Belajar ilmu keagamaan pun dapat dilakukan oleh dewasa dan lansia. Banyak dari para ibu-ibu dan lansia ingin belajar keagamaan namun terkendala dengan pengajar yang kebanyakan datang dari lawan jenis. Guru les privat ngaji wanita untuk dewasa dan lansia saat ini sudah cukup banyak.

Apalagi dalam agama sendiri diwajibkan lebih baik apabila belajar dengan sesama jenis. Hal ini menjadi renungan betapa pentingnya pengajar wanita untuk para kaum ibu dan juga lansia. Terutama di bidang mengaji. Ilmu mengaji yang diterapkan dalam membaca kitab Al-qur’an menjadi ilmu yang selalu mengalir sepanjang hayat. Untuk itu masih banyak orang yang ingin mempelajari ilmu ini meskipun sudah lanjut usia.

Para ibu dan lansia sangat kesulitan dalam menemukan guru les privat ngaji wanita untuk dewasa dan lansia. Karena tentunya pendidikan yang diajarkan pada ibu-ibu dan lansia akan berbeda dengan untuk anak-anak. Pengajaran ilmu mengaji untuk dewasa akan menekankan pada ilmu tajwid dan juga pelafalan pembacaan huruf dengan benar. Berbeda dengan pendidikan ilmu mengaji yang ditujukan untuk anak-anak yang menekankan pada pengenalan huruf dan tanda bacanya.

Alasan Mengapa Banyaknya Minat Untuk Belajar Mengaji Pada Guru Privat Daripada Mengikuti Majlis Ta’lim

Kemudahan dalam berinteraksi ketika belajar mengaji merupakan alasan utama mengapa kebanyakan orang ingin belajar mengaji dengan guru les privat ngaji wanita. Mengikuti majlis ta’lim memang memudahkan para kaum hawa untuk bersosialisasi dengan sesama rekan mengaji namun ilmu yang diajarkan bukan untuk para kaum pemula.

Para ibu dan lansia yang ingin belajar mengaji tentunya akan memilih pendidikan mengaji terlebih dahulu sebelum mengikuti acara pengajiannya. Hal itu yang mendasari mengapa banyaknya para ibu dan lansia ingin belajar mengaji melalui guru les privat daripada majlis ta’lim.

Selain itu, alasan lainnya adalah adanya kesenjangan social ketika belajar mengaji di majlis ta’lim. Dari berdasarkan beberapa pengamatan bahwa ketika terdapat perkumpulan majlis ta’lim biasanya akan menimbulkan pro dan kontra apabila terdapat anggotanya yang masih belajar mengaji. Karena adanya hal itu menjadikan para ibu dan lansia merasa minder akan kegiatan majlis ta’lim yang identic dengan para kaum hawa.

Pentingnya Belajar Mengaji Hingga Lanjut Usia

Menurut beberapa riset, mengaji dapat meningkatkan kemampuan otak dan juga mengurangi resiko gejala kepikunan dan amnesia dini. Dua hal ini sering diderita oleh para ibu dan juga lansia. Dengan mempelajari ilmu mengaji dan mengamalkannya maka akan mengurangi resiko kedua penyakit tersebut.

Selain itu dengan mengaji dan melafalkan artinya akan meningkatkan keimanan pada Allah SWT dimana semua umatnya dapat senantiasa mengingat dan juga mengamalkan isi dalam al-qur’an. Hal itu merupakan contoh betapa pentingnya belajar mengaji hingga lanjut usia.

Itulah penjelasan mengenai guru les privat ngaji wanita untuk dewasa dan lansia yang dapat menjadi info bagi yang ingin belajar mengaji. Mengaji sesungguhnya merupakan amalan yang dapat menjadi langkah awal menuju revolusi mental. Dimana seseorang dapat berubah menjadi lebih baik setelah mengaji. Maka dari itu kebiasaan mengaji kini mulai dibudayakan kembali.