Cara Mengikuti Olimpiade Sains Kuark Kompetisi Bergengsi Nasional. Olimpiade adalah suatu ajang kompetisi biasanya diperuntukan bagi para siswa sekolah. Tujuan diselenggarakannya yaitu agar dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar dan mengapresiasi generasi berprestasi. Setiap ajang kompetisi mengedepankan sportivitas dan kejujuran para pesertanya. Termasuk juga pada Olimpiade Sains Kuark (OSK) bertujuan untuk siswa lebih terpacu dalam belajar, kompetitif, serta kreatif.

Mengikuti Olimpiade Sains Kuark dan Cara Pendaftaran

OSK merupakan kompetisi bergengsi dibidang sains tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiah (MI). Awal mula digelar pada tahun 2017. Untuk menjadi peserta perlu melakukan beberapa tahap pendaftaran, berikut tahapannya:

  1. Mengikuti olimpiade sains kuark dengan cara kolektif

Tahap awal yaitu melakukan pendaftaran, ada dua cara yang bisa dilakukan melalui online atau offline. Bisa juga mendaftar melalui sekolah namun dengan catatan sekolah bersedia untuk membantu secara kolektif  ke OSK centre. Selebihnya sekolah akan membantu segala keperluan siswa tanpa harus mendaftarkan diri secara pribadi lagi.

Pendaftaran online

Pendaftaran secara online bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengakses website komikkuark.net. Kemudian klik pada fitur daftar, setelah itu silahkan lakukan pengisian formulir biodata peserta secara lengkap dan benar. Jika sudah selesai maka selanjutnya ke tahap pembayaran yang bisa melalui transfer ke bank BCA atau BNI, pada situs telah diberikan secara lengkap informasi rekening.

Setelah selesai melakukan pembayaran maka selanjutnya mengirim bukti pembayaran beserta formulir pendaftaran ke email olimpiade@komikkuark.net. Terakhir tinggal tunggu Kartu Tanda Peserta (KTP) dikirimkan.

Pendaftaran offline

Jika ingin mendaftar offline maka Anda tinggal mengunjungi OSK centre terdekat. Nantinya petugas administrasi akan menyerahkan formulir biodata diri kemudian tinggal diisi, jika sudah mengisi selanjutnya lakukan pembayaran secara tunai pada panitia penyelenggara di tempat.

Setelah membayar Anda tinggal memberikan pas foto berukuran 4×6 sebanyak 1 lembar kepada petugas. Nantinya foto itu akan ditempelkan pada KTP yang diterima oleh para peserta olimpiade.

Ketentuan mendaftar

Sebelum mendaftar Anda perlu mengetahui ada beberapa ketentuan yaitu biaya dikenakan sebesar 35ribu rupiah. Jika sudah mendapatkan KTP usahakan simpan dengan baik, jangan sampai tercecer, karena akan selalu dipakai pada saat sedang ujian. Jika ternyata hilang maka peserta dikenakan denda sebanyak 15ribu rupiah sebagai pergantian kartu baru.

Untuk biaya transportasi maupun akomodasi peserta mengikuti kompetisi hingga ke tahap final ditanggung oleh para peserta. Oleh sebab itu orang tua/wali harus mengetahui dan mengizinkannya. Setiap biaya administrasi yang sudah masuk kepada penyelenggara tidak bisa dikembalikan, diganti, ataupun dipindahkan kepada siswa lain.

Terdapat 3 tingkat dalam penyelenggaraan kompetisi yaitu level 1 kelas 1 hingga 2, level 2 kelas 3 hingga 4, dan terakhir level 3 kelas 5 hingga 6 SD/MI. Ujian diselenggerakan secara serentak di tiap daerah seindonesia.

Itulah cara mengikuti olimpiade sains kuark yang perlu Anda ketahui jika berminat untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini, diharapkan siswa Indonesia mampu terus berprestasi hingga mengharumkan nama bangsa.