Tahukah kamu apa itu bencana alam? Bencana alam merupakan suatu kejadian atau peristiwa yang mengakibatkan perubahan pada kondisi suatu wilayah dan berdampak pada populasi manusia. Peristiwa bencana alam seperti gunung meletus, tsunami, gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan masih banyak lainnya terjadi diberbagai belahan dunia yang dapat mengakibatkan kehilangan nyawa, kerusakan pada bumi, bahkan dampat pikologis maupun mental.

Ada beberapa cara mencegah bencana alam. Ini menjadi salah satu jalan guna menghindari peristiwa tersebut terjadi. Bencana alam merupakan tanda-tanda bumi yang kita tempati sudah mulai rusak. Untuk itu, kita diminta untuk menjaga dan merawat bumi agar tetap lestari.

Cara Mencegah Bencana Alam di Indonesia

Dibalik sebuah peristiwa, pasti ada suatu sebab. Peristiwa bencana alam dapat dipengaruhi berdasarkan faktor alam maupun faktor non alam. Cara mencegah bencana alam yang utama adalah dari dalam diri manusia itu sendiri. Bencana alam dapat dihindari apabila manusia bekerjasama dalam menjaga bumi.

Tentu saja, bumi bisa mengalami kerusakan karena sudah ada selama berabad-abad lalu. Lalu apa saja faktor yang menjadi bumi mengalami kerusakan?

Pertama adalah faktor alam itu sendiri. Sebagai contohnya apabila terjadi peristiwa gunung meletus menyebabkan tanah longsor dibeberapa wilayah sekitar gunung tersebut. Faktor alamnya adalah gunung meletus tersebut.

Kedua ada faktor non alam. Faktor ini disebabkan bukan karena alam, melainkan adanya kesalahan pada teknologi, epidemi, dan ada juga wabah penyakit. Faktor ini jarang terjadi dan ditemukan di Indonesia.

Ketiga yaitu ada faktor sosial. Yang merupakan kesenjangan antara beberapa kelompok atau dapat juga menyangkut beberapa negara. Sebagai contohnya apabila ada suatu negara A yang ingin menyerang negara B itu akan menjadi suatu bencana untuk negara B.

Bagaimana Cara Mencegah Bencana Alam itu Terjadi?

Cara mencegah bencana alam atau yang disebut juga dengan penanggulangan bencana adalah suatu langkah efektif yang ditempuh oleh manusia guna menghindari peristiwa buruk yang mungkin akan terjadi. Bebeberapa upaya dapat kita lakukan agar mencegah peristiwa itu terjadi. Berikut ini adalah cara penanggulangan bencana alam.

Langkah pertama adalah menjaga lingkungan sekitar agar bersih dari sampah. Seperti yang kita ketahui bahwa bencana alam seperti banjir dapat terjadi apabila adanya penumpukan sampah pada selokan. Membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu cara agar terhindar dari bencana banjir.

Langkah kedua adalah melakukan reboisasi atau penghijauan. Penanaman pohon dan tumbuhan lainnya sangat berguna bagi bumi. Karena pohon memiliki banyak manfaat bagi kehidupan

Langkah ketiga adalah menghindari memiliki rumah dipinggiran sungai. Karena sungai bisa saja meluap sewaktu-waktu. Dan harus memiliki bendungan agar mengantisipasi datangnya bencana.

Selanjutnya adalah menanam mangrove atau bakau. Dengan menanam mangrove atau bakau dapat mencegah terjadinya bencana tsunami. Manfaatnya sendiri adalah mejaga stabilitas garis pantai, membantu untuk menahan tiupan angin laut, dan banyak lainnya.

Sekian penjelasan dari bencana alam dan cara mencegah bencana alam itu sendiri. Semoga kita selalu dihindarkan dari peristiwa mengerikan tersebut. Untuk yang ingin lebih jelas dan mengetahui secara mendalam materi seperti yang sudah disampaikan, bisa bergabung dengan Les Privat Pustaka Guru.