Bermacam-macam Prestasi Olimpiade Sains Internasional yang Diperoleh Indonesia. Beberapa tahun ke belakang hingga munculnya pandemi, tak menghambat semangat putra-putri Indonesia dalam meraih kejuaraan. Catatan prestasi muncul dari jenjang sekolah hingga perguruan tinggi. Penghargaan bergengsi dari kejuaraan bergengsi tentunya sangat membanggakan Indonesia sekaligus mengenalkan SDM di kancah mancanegara.

Prestasi Olimpiade Sains Internasional Tahun 2021

Olimpiade berlangsung di Kazakhstan tanggal 7-13 Januari 2021, lebih tepatnya di kota Almaty. Diikuti sejumlah 421 siswa berlomba di bidang Matematika, bidang Fisika sebanyak 290 dan 295 siswa bidang Ilmu Komputer. Memperoleh medali dengan kategori 3 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu untuk masing-masing materi Matematika, Fisika serta Komputer. Bidang tersebut mendapat nilai sempurna dan dilakukan secara daring.

Bidang yang Dimenangkan

Pemuda Indonesia berhasil menorehkan prestasi tingkat Internasional dalam berbagai bidang. Seiring kemajuan jaman, Indonesia semakin maju dalam meraih prestasi. Pemilihan calon olimpiade masing-masing bidang akan diseleksi hingga empat tahapan dan dilakukan kurang lebih selama 3 bulan.

Matematika

Soal yang dikerjakan pada olimpiade tahun 2021 berjumlah 6 soal. Waktu diberikan selama 9 jam. Karena diselenggarakan berbagai belahan benua, maka tempo yang diberikan juga disesuaikan waktu setempat. Materi yang dilombakan yaitu Geometri, teori bilangan, Kombinatorika, dan Aljabar. Tahun ini, Indonesia berhasil mendapatlan medali emas pada bidang Matematika yang diraih oleh Elbert Benedict dari SMA K Penabur Gading Serpong.

Fisika

Materi berupa soal teori dan soal simulasi. Soal teori terdiri atas osilasi Fluida, rangkaian LC serta tegangan pada permukaan. Topik lainnya yaitu Fisika Plasma dan pandu gelombang optik. Sedangkan soal simulasi tentang hubungan osilasi bandul terhadap simpangan besar. Tahun membanggakan bagi Indonesia karena masa ini telah berhasil mendapatkan medali emas, diraih oleh Peter Addison Sandhani dari SMA St Aloysius.

Prestasi Olimpiade Sains Internasional

Bidang Biologi

Berbeda dengan lainnya, Biologi lebih ke praktek sekaligus teori. Bahan yang dipraktekkan yaitu Bilogi tumbuhan yang terpecah menjadi anatomi, sistematika,dan genetika. Biokimia yang terdiri atas kinetika enzim dan fisiologi perkembangan hewan berupa pembedahan larva insekta. Pengerjaan selama 6 jam termasuk soal teori. Diselenggarakan tiga tahun ke belakang dan Indonesia memperoleh emas.

Ilmu Komputer

Kompetisi ranah pemrograman adalah lomba internasional paling bergengsi setelah matematika. Bahan uji berupa pemrograman dan studi kasus algoritmik. Perlu pengetahuan matematika yang dalam dan matang untuk pemecahannya. Periode sekarang, Indonesia berhasil meraih perunggu atas nama Fernando Nathaniel Sutanto dari SMA Santa Maria 1 Kota Cirebon.

Persaingan ketat dimulai dari tingkat daerah, kota, provinsi hingga tingkat dunia. Persiapkan diri dari sekarang untuk menjadi juara berikutnya bersama bimbingan belajar Pustaka Guru. Tak perlu datang ke lokasi karena tutor datang ke rumah. Masa pandemi didukung dengan program les online yang dapat membimbing persiapan olimpiade sains nasional periode berikutnya. Kunjungi laman resmi Pustakaguru.com untuk informasi lebih lanjut dan pendaftarannya.