Beasiswa Pemenang Olimpiade Sains Internasional, Apa Saja? Merupakan wujud apresiasi bagi para juara yang telah mengharumkan nama Indonesia. Berbagai jenis beasiswa telah dipersiapkan khusus jalur para juara. Namun tetap mengikuti aturan serta program yang akan ditekuni. Tersedia untuk jenjang SMA hingga doctoral tergantung ketentuan penyedia beasiswa.

Keringanan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah tak selalu sesuai dengan ketentuan universitas. Kampus memiliki otonomi sendiri dan piagam calon mahasiswa tidak berlaku jika tidak adanya kerjasama. Memperhatikan jenis olimpiade yang diikuti serta jurusan yang  akan diambil.

Kategori Beasiswa Pemenang Olimpiade Sains Internasional

  1. Kategori Juara

Biasanya juara dalam olimpiade akan meraih medali, uang penghargaan dan juga beasiswa apabila ada. Peraih medali emas akan memperolah apresiasi pendidikan S1 hingga S3. Tak hanya itu, ia juga berhak memilih jurusan yang diminati baik di kampus dalam maupun luar negeri. Bagi penyabet juara dua atau perak, berhak memperoleh bantuan jenjang S1 hingga S2, di dalam dan luar negeri. Sedangkan peraih perunggu mendapat perolehan biaya S1.

2. Kategori Jenjang Pendidikan Beasiswa Pemenang Olimpiade Sains Internasional

Jika siswa SMA meraih biaya pendidikan tingkat universitas, maka jenjang SD dan SMP ke jenjang selanjutnya. Termasuk tanggungan sekolah beserta dana hidup. Menyesuaikan dana opersional dari sekolah. Adanya tabungan bagi setiap  pemenang. Selanjutnya akan diproses mengenai  hak-hak yang  akan diberikan.

3. Kategori Jurusan

Pemerintah telah menetapkan semua pemenang OSI bebas memilih jurusan. Sayangnya banyak kampus di Indonesia yang kaku dan birokratif. Sehingga tidak bisa menerima begitu saja calon mahasiswa bersertifikat internasional bebas uang masuk. Sebagian hanya memperbolehkan jurusan sesuai bidang yang dilombakan. Alasan utamanya yaitu akan lebih spesifik dan memiliki potensi besar dan dapat dikembangkan sesuai dengan jurusannya.

Universitas Penyedia Beasiswa Olimpiade Sains Internasional

Universitas memiliki ketentuan tersendiri untuk mengatur dana pembelajaran. Meski telah dipayungi hukum untuk kelangsungan pendidikannya. Tidak semua medali dapat menjadi tiket masuk ke perguruan favorit.

Perguruan Segala Bidang

Salah satu perguruan penerima penghargaan OSI yaitu Universitas Djuanda dan University of Singapore. Adanya beasiswa lain ditawarkan dan memiliki ketentuan khusus bagi calon penerima. Namun peraih medali OSI, ketentuan sesuai aturan pemerintah. Hal tersebut memiliki arti, bahwa universitas ini menerima siswa dengan kategori tersebut serta bebas memilih jurusan sesuai keinginan.

Perguruan Sesuai Bidang

Umumnya calon akan memilih beasiswa di universitas unggulan dalam negeri seperti UGM dan UI. Syarat masuk tanpa tes membatasi bidang sesuai olimpiade yang dimenangkan. Bebas dana pun akan diberikan jika pemerintah memberikannya. Alasannya karena beberapa peraih OSI dari kalangan orang berekonomi menengah ke atas.

Penghargaan beasiswa pemenang olimpiade sains internasional banyak diminati para siswa. Raih kesempatan emas dengan belajar rutin bersama ahlinya. Percayakan pada bimbel Pustaka Guru sekarang untuk menjadi salah satu juara olimpiade sains internasional. Hubungi lebih lanjut dan cek website Pustaka Guru guna persiapan tes lainnya seperti CPNS, Informatika, hingga TOEFL. Bimbingan ditujukan mulai dari anak-anak hingga dewasa.