Belajar merupakan aktivitas utama manusia. Tidak hanya siswa dan mahasiswa, semua orang meskipun sudah tidak menempuh pendidikan formal tetap membutuhkan aktivitas belajar. Sebagai seorang pembelajar tentunya perlu memahami waktu-waktu yang paling efektif untuk belajar.

 

Lalu kapankah waktu terbaik untuk belajar ?

 

Jawaban dari pertanyaan ini bisa menjadi relatif untuk semua orang. Artinya semua orang memiliki waktu terbaiknya sendiri untuk belajar hal-hal baru. Otak setiap individu memiliki iramanya sendiri. Irama yang dimaksud adalah waktu terbaik untuk melakukan sesuatu. Akan tetapi secara umum kita bisa meninjau waktu belajar berdasarkan jam biologis kebanyakan orang.

 

Belajar saat dini hari

Dini hari atau antara jam 12 malam sampai jam 6 pagi adalah waktu dimana tubuh memproduksi hormon melatonin. Waktu ini adalah waktu yang baik untuk istirahat total atau tidur. Belajar saat dini hari justru tidak baik untuk otak. Karenanya pada waktu dini hari lebih dianjurkan untuk tidur daripada begadang untuk belajar.

 

Keadaannya mungkin akan berbeda jika seseorang sudah tidur sebelumnya dan terbangun di pagi hari. Belajar saat pagi hari antara jam 3 pagi sampai jam 6 pagi justru cukup efektif. Hal ini dikarenakan pada jam-jam tersebut suasana masih sepi dan otak masih fresh karena baru bangun dari tidur jadi sangat baik untuk digunakan sebagai waktu belajar.

 

Belajar saat pagi hari

 

Pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 adalah waktu dimana tekanan darah sedang tinggi.  Pagi hari biasanya kita akan merasakan tubuh kita begitu bertenaga dan pikiran masih sangat segar. Pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 pagi adalah waktu yang sangat tepat untuk belajar hal-hal baru.

 

Waktu-waktu ini adalah waktu terbaik untuk mempelajari hal baru maupun untuk mengulang pelajaran lama.

 

Belajar menjelang siang hari

Saat menjelang siang sampai siang hari atau pada rentan jam 9 pagi sampai jam 2 siang otak lebih bisa fokus pada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Pada waktu ini kemampuan analisis kita sedang berada di puncak-puncaknya. Selain itu waktu-waktu ini juga biasanya ada waktu dimana kemampuan kreativitas sedang tinggi-tingginya.

 

Belajar di sore hari

Siang sampai sore hari atau jam 2 siang sampai jam 5 sore bukanlah waktu yang cukup efektif untuk belajar. Pada jam-jam ini biasanya pencernaan tubuh sedang bekerja karena baru saja makan siang. Aliran darah ke otak pada jam-jam ini juga biasanya sedang menurun.

 

Siang sampai sore akan lebih baik jika digunakan untuk tidur siang sebentar kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang dapat merefresh otak. Tapi jika memang harus tetap belajar di jam-jam ini maka akan lebih baik jika sering melakukan peregangan tubuh.

 

Belajar di malam hari

Malam antara jam 6 sampai jam 12 adalah waktu dimana tubuh mulai beristirahat. Pada waktu-waktu tertentu seperti jam 6 sampai jam 9 malam masih bisa digunakan untuk belajar materi-materi yang ringan. Meskipun tidak seefektif saat pagi hari, tapi waktu malam ini juga masih cukup baik untuk belajar.

 

Tetapi jika sudah masuk jam 9 sampai jam 12 malam akan lebih baik jika tubuh mulai diistirahatkan. Pada waktu ini hormon melatonin mulai diproduksi oleh tubuh sehingga kita akan merasa mengantuk

 

Nah itulah waktu-waktu terbaik untuk belajar. Belajar materi apapun di Nusagama College sangat fleksibel. Siswa bisa menentukan jadwal belajar yang paling sesuai dengan jadwal harian dan kondisi tubuhnya.