Jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak

Memiliki anak yang dengan kecerdasan di atas anak-anak lain tentu menjadi harapan banyak orang tua. Anak yang cerdas akan memiliki kemampuan lebih dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan bisa meraih prestasi terbaik. Anak dengan kemampuan intelegensi yang tinggi tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk menciptakan hal-hal baru.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan otak anak. Faktor-faktor tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi kecerdasan anak adalah faktor genetis atau keturunan. Faktor genetis setidaknya berperan dalam 30 persen sampai 75 persen dalam menentukan tingkat kecerdasan anak.

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yang turut berperan serta dalam menentukan kecerdasan anak. Faktor eksternal ini adalah faktor penentu kecerdasan anak yang bisa dikendalikan. Salah satu penentu kemampuan kognitif anak adalah nutrisi yang menjadi bahan konsumsi anak sehari-hari.

Nah, jika Anda adalah orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, berikut ini beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan untuk membantu perkembangan otak anak.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan dengan dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Jenis makanan laun ini mengandung protein, lemak, mineral, dan vitamin. Kandungan nutrisi ini sangat berguna untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Makan jenis ini juga mengandung omega 3 yang berguna dalam perkembangan kognitif bayi. Selain itu mengonsumsi ikan salmon juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan koordinasi, keterampilan, meningkatkan fokus, serta dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Daging merah

Daging merupakan makanan dengan kandungan zat besi, zink, serta vitamin D.  Memberikan olahan daging merah kepada anak bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan.

Selain memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Daging merah juga memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi kecerdasan anak. Zat besi yang ada pada daging merah bermanfaat untuk memproduksi lapisan pelindung yang mengelilingi syaraf pada otak. Selain itu kandungan vitamin B6 dan dan B12 pada daging juga dapat meningkatkan kecerdasan anak

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang cukup populer. Selain harganya yang terjangkau, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk tubuh.

Telur merupakan sumber omega 3, asam amino, dan kolin. Kandungan nutrisi ini dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan saraf dan jaringan otak anak. Karenanya telur juga merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Susu

Susu merupakan salah satu pilihan minuman yang tepat untuk menjaga kesehatan keluarga. Salah satu jenis susu yang baik untuk dikonsumsi adalah susu organik, yaitu susu dari sapi yang makan dari padang rumput yang bebas pestisida dirawat secara khusus tanpa suntikan hormon maupun antibiotik.

Kandungan susu organik sangat penting bagi perkembangan anak, terutama untuk mendukung perkembangan fungsi otaknya. Selain itu susu juga kaya akan protein yang memiliki peran penting dalam menyusun sel otak. 

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan pilihan agar kemampuan kognitif anak dapat meningkat. Tentunya ada beberapa hal lain yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak seperti menempatkan anak pada lingkungan yang tepat serta memfasilitasi gaya belajar anak.

Pustaka Guru merupakan salah satu pilihan untuk mendukung belajar anak. Pustaka Guru menyediakan jasa layanan les privat tutor datang ke rumah untuk membantu proses belajar anak. Tutor di Pustaka Guru adalah tutor terbaik dan universitas-universitas ternama di Indonesia.