Memiliki anak yang kreatif tentunya merupakan salah satu impian banyak orang tua. Kreativitas dapat membantu anak dalam menyelesaikan permasalahan dengan baik. Akan tetapi menumbuhkan kreatifitas anak bukanlah sesuatu yang instan. Tidak jarang butuh usaha khusus yang secara berkesinambungan untuk mengasah kreativitas anak.

Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Baik itu sesuatu yang benar-benar baru maupun menghubungkan hal-hal yang sudah ada sehingga mendapatkan sesuatu yang baru.

Kreativitas juga merujuk pada kemampuan individu dalam menggunakan daya imajinasinya untuk menghubungkan antara berbagai kemungkinan yang mungkin mendapatkan hal baru. Sederhananya kreativitas merupakan kemampuan untuk berkreasi.

Setiap anak bisa memiliki kreativitas yang baik jika mendapatkan arahan yang benar sejak dini. Bagi orang tua yang sedang mengasuh anak tentu perlu memahami beberapa cara-cara efektif agar kreativitas anak bisa meningkat. Berikut ini beberapa hal yang bisa meningkatkan kreativitas anak.

Permainan untuk anak

Beberapa jenis permainan dapat membuat kreativitas anak lebih terlatih. Penting bagi orang tua untuk menyediakan tempat bermain bagi anak. Tempat bermain ini tidak harus khusus dan luas dengan fasilitas yang lengkap. Cukup tempat bermain yang bisa memberikan keleluasaan, kendali penuh, serta tanggung jawab anak.

Beberapa permainan yang bisa melatih kreativitas anak seperti bermain peran. Anak-anak biasanya menyukai permainan peran dengan beberapa objek tertentu. Permainan ini dapat membuat imajinasi anak lebih terasah sehingga kreativitasnya bisa meningkat.

Memberikan kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi

Usia anak merupakan usia dimana rasa ingin tahu masih sangat tinggi. Hal ini karena anak masih berusaha untuk mempelajari banyak hal baru di sekelilingnya. Penting bagi orang tua untuk memberikan kebebasan bagi anaknya untuk mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Penting juga bagi orang tua untuk membekali diri dengan pengetahuan yang luas agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak. Hal yang semestinya tidak dilakukan adalah banyak memberikan larangan kepada anak.

Mengajak anak ke tempat-tempat baru

Pengetahuan dan cara berpikir anak dibentuk oleh apa yang ia lihat sehari-hari. Anak perlu mendapatkan stimulus yang beragam agar anak memiliki cara berpikir yang luas dan kreatif. Mengajak anak ke tempat-tempat yang baru akan membuat anak mendapatkan hal-hal baru yang dapat merangsang kreativitasnya.

Orang tua bisa mengajak anak untuk mengunjungi beberapa jenis tempat sepert taman bermain, pasar tradisional, museum, kebun binatang, dan tempat-tempat lain. Dengan mengunjungi tempat baru anak akan melihat, mendengar, merasakan, dan mencium hal-hal baru
Memberikan apresiasi kepada anak. Selain itu orang tua juga perlu memberikan apresiasi kepada anak ketika mampu menciptakan satu hal yang baru. Apresiasi kecil seperti pujian akan membuat anak merasa dihargai dan lebih termotivasi untuk mempelajari hal baru.

Hal ini juga berlaku sama ketika anak melakukan kesalahan. Orangtua bisa memberikan semangat kepada anak ketika melakukan kesalahan alih-alih memarahinya. Hal ini dilakukan agar anak tetap mau belajar dari kesalahan yaang dibuat.

Pustaka Guru adalah lembaga penyedia layanan pendidikan di Yogyakarta. Pustaka Guru menyediakan jasa les privat terbaik dengan tutor yang memiliki kompetensi di bidangnya. Segera daftarkan dirimu dan dapatkan tutor terbaik Pustaka Guru.