fbpx

 

Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang diimpikan adalah harapan sebagian besar pelajar. Hampir semua anak SMA menargetkan dapat berkuliah di universitas negeri yang mereka inginkan. Namun hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah, karena harus bersiap untuk bersaing ketat dengan banyak orang. Mulai tahun 2019, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) memberlakukan kebijakan baru dalam penerimaan mahasiswa baru. Yaitu pelaksanaannya akan dilaksanakan oleh sebuah institusi bernama Lembaga Tes Perguruan Tinggi (LTMPT). Beberapa aturan baru pun berlaku mulai dari diadakan tes terlebih dahulu, mendapatkan nilai, baru bisa mendaftar PTN.

LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi untuk calon mahasiswa baru. Karena merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes yang berstandar di Indonesia, LTMPT adalah langkah awal bagi mahasiswa terpilih dalam menggapai cita-cita mereka.

Anak harus mengerti terkait dengan peraturan baru ini agar dapat memudahkan mereka dalam mengikuti serangkaian tesnya. Selain itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat lolos Perguruan Tinggi melalui LTMPT, antara lain    :

  1. Melakukan persiapan sejak dini

Jangan pernah menunda-nunda waktu, meski berharap masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diimpikan melalui jalur undangan atau SNMPTN, harus bersiap pula dengan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, seperti tidak diterima dalam SNMPTN. Maka dari itu, sebisa mungkin mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi melalui LTMPT  sejak awal sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mempelajari Cara Mendaftar

Hal yang terpenting lain adalah mengetahui medan di mana nantinya bertempur dengan siswa-siswa lain seluruh indonesia. Salah satu caranya yaitu mengetahui bagaimana tata cara pendaftarannya. Berbeda dengan sistem sebelumnya, LTMPT akan menerapkan sistem single sign on. Hal ini berarti satu siswa akan memiliki satu akun. Sebelum melakukan pendaftaran, harus dapat dipastikan terlebih dahulu anak sudah memiliki pilihan PTN yang nantinya akan dipilih. Karena jika tidak maka dapat menjadikan mereka asal dalam memilih karena dikejar waktu. Akhirnya peluang untuk diterima di PTN favorit jadi hilang. Sebaiknya anak mendiskusikan pilihannya kepada orangtua atau wali kelas sehingga bisa memilih dengan tepat.

  1. Mencari Peluang

Sistem peringkat masih dipakai untuk jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2020 ini. Artinya peserta akan diurutkan menyesuaikam dengan peringkat di mana ia mendaftar. Sistem ini bertujuan agar mengerucutkan peluang SNMPTN. Selain itu, sistem ini membuat anak harus mempunyai strategi baru dalam menghadapinya. Perguruan tinggi mana yang harus dipilih sesuai dengan nilai. Anak juga dapat melihat teman di sekolahnya yang punya pilihan sama. Berdasarkan hal itu, anak dapat membandingkan nilai serta sertifikat yang dimiliki. Perbandingan ini tentunya akan berpengaruh pada peluang diterimanya di universitas tujuan. Jadi, harus mengatur strategi agar dapat menghadapi hal tersebut.

Les Privat SMA Untuk Lolos Perguruan Tinggi Melalui LTMPT

Langkah-langkah diatas dapat dilakukan secara bertahap dan kontinyu setiap hari. Anak juga harus dapat fokus dengan hal tersebut supaya hasil yang didapatkan nanti bisa maksimal. Namun, jika dirasa belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka ada baiknya mendatangkan guru les privat khusus agar mengajari anak materi-materi tes masuk perguruan tinggi. Selain lebih efektif daripada bimbingan belajar, guru les privat juga memungkinkan untuk mengajarkan anak mengenai sistem baru yang nantinya akan dipakai untuk tes masuk perguruan tinggi di tahun 2020 ini, yaitu melalui LTMPT.