fbpx

Berencana Kuliah di LN, Ini 3 Negara Favorit Tujuan Siswa Indonesia

 

Orang tua mana yang tak menginginkan bekal pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Meski mungkin kini anak masih di jenjang pendidikan dasar, beberapa orang tua bahkan telah merencanakan institusi pendidikan mana yang akan di pilih untuk tingkat perguruan tinggi.

 

Berbagai kampus di Indonesia sendiri saat ini sebenarnya telah memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni. Sebut saja Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lagi. Namun beberapa orang tua dan juga anak lebih justru memilih untuk kuliah di luar negeri.

 

Ada pertimbangan tertentu yang menjadikan luar negeri sebagai tujuan. Setidaknya ada dua keuntungan bila anak kuliah di luar negeri. Pertama, kuliah di luar negeri akan melatih kemandirian seorang. Anak biasanya akan tinggal sendiri dengan lingkungan serta budaya yang sama sekali berbeda dengan Indonesia. Maka seseorang pun dituntut untuk mengurus diri sendiri, mulai dari hal-hal sederhana, seperti mencari tempat tinggal, laundry, mengurus dokumen-dokumen perguruan tinggi, dan lain-lain.

 

Kedua, saat kuliah di luar negeri, itu artinya kesempatan untuk bertemu dengan orang dari berbagai negara tentu lebih banyak. Jadi kesempatan untuk memiliki komunitas global akan jauh lebih terbuka lebar. Selepas kuliah pun, kemungkinan untuk memiliki karir yang moncer sudah di depan mata. Menarik bukan?

 

Lantas negara-negara mana saja sih yang jadi favorit siswa Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Simak ulasannya berikut.

 

Inggris

Negara ini menjadi salah satu pilihan berkuliah yang digemari oleh siswa dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Beberapa artis seperti Al Ghazali, El Rumi, dan juga Maudy Ayunda juga mengenyam pendidikan di Inggris lho.

 

Bukannya tanpa sebab memilih Inggris, negara yang beribukota di London ini punya sederet universitas yang masuk dalam daftar terbaik di dunia. Situs The Times Higher Education menyebut kalau Universitas Oxford menjadi universitas terbaik di dunia. Selain itu juga ada Universitas Cambridge (posisi 3 ) dan juga Imperial College London (posisi 10).

 

Meski begitu, ada beberapa hal lain yang perlu dicermati jika memang ingin kuliah di Inggris. Seperti salah satunya persyaratan akademik untuk berkuliah di Inggris. Beberapa universitas dan jurusan menerapkan persyaratan yang berbeda. Misalnya saja, jika ingin masuk jurusan teknik dan sains, biasanya kualifikasi bahasa lebih rendah dibanding jurusan bahasa dan filsafat.

 

Selain itu, Inggris memang memiliki biaya kuliah yang cukup mahal. Tapi itu masih bisa disiasati misalnya dengan memilih tempat tinggal yang letaknya tidak di pusat kota atau mencoba memasak dan membawa bekal sendiri daripada membeli makan.

 

Singapura

Dari letaknya, Singapura punya keuntungan karena dekat dengan Indonesia. Jadi hal ini akan mempermudah jika memang akan sering pulang ke tanah air. Satu lagi kelebihan kuliah di Singapura adalah iklimnya yang tak jauh beda dengan Indonesia, sehingga cukup mudah untuk beradaptasi.

 

Berbagai kampus kelas dunia bisa ditemui di Singapura. Beberapa di antaranya adalah Nanyang Business School dan National University of Singapore. Negara ini pun juga menyediakan beasiswa yang bisa diakses oleh pelajar dari negara ASEAN.

 

Selain itu, tak cuma mendapatkan pendidikan terbaik, mahasiswa yang kuliah di Singapura punya kesempatan untuk kerja paruh waktu. Jadi sembari belajar bisa juga mendapatkan tambahan uang saku.

 

Jepang

Satu lagi negara favorit yang jadi tujuan siswa Indonesia, yakni Jepang. Daya tarik negara ini bukan hanya bunga sakuranya saja lho. Jepang juga terkenal dengan kemajuan teknologi dan inovasi sehingga tak heran cukup banyak mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu tersebut di negara ini.

 

Beberapa perguruan terkemuka yang bisa ditemui di Jepang antara lain Kyoto University, The University of Tokyo, dan juga Tohoku University. Nah, umumnya akan ada kelas persiapan bahasa Jepang sebelum kuliah di mulai. Namun kalau memilih menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, beberapa universitas juga menyediakan program Internasional. Selain akademik, tinggal di Jepang juga sekaligus bisa mempelajari budaya dari salah satu negara maju ini. Seperti soal kedisiplinan, sopan, tertib, dan menjaga kebersihan.