fbpx

Berbagai olimpiade diadakan oleh sekolah guna mengukur kemampuan dari setiap siswa. Hal ini seringkali dijadikan parameter keberhasilan guru dalam mengajar juga sehingga olimpiade menjadi salah satu ajang yang paling bergengsi di dunia pendidikan. Banyak olimpiade yang akan ditemukan, seperti biologi, fisika, matematika, hingga bahasa inggris. Biasanya siswa yang mengikuti olimpiade ini adalah siswa pilihan yang memang sudah memiliki prestasi bagus di bidangnya. Berikut ini beberapa tips sukses mengikuti olimpiade bahasa inggris agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Usahakan Tetap Rileks

Tips sukses olimpiade bahasa inggris yang wajib dilakukan adalah rileks. Setiap siswa yang mengikuti olimpiade harus mempersiapkan mental dengan baik sehingga ketika olimpiade berlangsung tetap bisa mengontrol emosi diri sehingga tetap tenang. Kondisi ini sangat penting agar bisa mengerjakan soal-soal dengan baik. Pembawaan diri yang rileks dan tenang akan membuat otak lebih mudah berpikir dengan jernih sehingga apapun yang sudah dipelajari bisa berguna ketika olimpiade berlangsung.

2. Optimis

Setiap siswa harus memiliki sikap optimis dan semangat untuk bisa mengerjakan semua soal dengan baik dan maksimal. Keyakinan yang positif biasanya juga akan membawa seseorang pada hal-hal yang positif juga. Jadi tidak ada salahnya jika optimis bisa memenangkan olimpiade bahasa inggris yang akan diikuti. Karena dorongan tersebut bisa membuat otak bekerja lebih keras untuk mengerjakan segala sesuatu jauh lebih maksimal.

3. Cari Alasan Yang Logis Dalam Menjawab Soal

Soal bahasa tidak hanya bahasa inggris, tetapi juga bahasa Indonesia seringkali membuat bingung siswa yang mengerjakannya. Hal ini karena tidak ada patokan rumus yang pasti seperti pada soal sains. Untuk itulah dalam mengerjakan perlu mencari alasan yang logis dengan membaca semua pilihan jawaban soal. Jika sudah maka eliminasi jawaban yang sudah pasti salah untuk memudahkan dalam menjawab soal.

4. Jangan Mudah Terkecoh

Seringkali soal bahasa mengecoh yang mengerjakan karena banyak penggunaan kata benda, kata kerja maupun kata sifat yang membingungkan. Oleh karena itulah ketika mengerjakan sangat diperlukan penguasaan materi yang baik agar tidak salah menjawab soal. Pahami setiap soal dengan baik agar bisa menjawab dengan tepat dan benar.

5. Pelajari Soal Structure Secara Rutin

Melakukan persiapan yang matang tentu menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan pada saat mengikuti olimpiade khususnya bahasa inggris. Siswa bisa mempelajari soal struktur secara rutin sehingga ketika mengerjakan soal olimpiade jauh lebih mudah karena sudah terbiasa mengerjakan. Pahami materi dan kerjakan contoh-contoh soalnya secara rutin agar jika menemukan kesulitan masih bisa bertanya pada mentor atau guru di sekolah.

Nah itulah 5 tips sukses mengikuti olimpiade bahasa inggris. Perkaya kosakata dengan membiasakan membaca kamus, mendengarkan lagu bahasa inggris, atau membaca buku bacaan bahasa inggris. Sehingga ketika menemukan kosakata yang jarang ditemukan sudah paham artinya dengan baik.