fbpx

Dunia pendidikan selalu diwarnai dengan persaingan dan perlombaan yang berfungsi memacu semangat belajar siswa maupun sebagai ajang pembuktian siapa yang paling pintar. Nah salah satu yang tidak asing lagi adalah olimpiade sains mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Lalu bagaimana cara belajar olimpiade sains agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika perlombaan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pastikan Sudah Paham Silabus Materi

Salah satu cara belajar olimpiade sains adalah mengetahui semua silabus yang digunakan dan memastikan bahwa sudah memahami semua silabus materi tersebut. Cara ini sangat wajib dilakukan karena dapat mempengaruhi pembelajaran selanjutnya. Maksudnya adalah jika siswa sudah paham dengan baik silabus materinya, maka belajar juga akan jauh lebih mudah, begitu juga sebaliknya.

2. Buat Jadwal Belajar Yang Strategis

Olimpiade adalah ajang bergengsi dimana setiap siswa yang mengikutinya harus melakukan persiapan yang benar-benar matang. Agar tidak mengganggu jadwal sekolah, siswa juga perlu menyusun jadwal belajar yang strategis dan terstruktur dengan baik. Dengan begitu tidak akan mempengaruhi nilai akademik siswa karena mengikuti olimpiade karena bisa melakukan keduanya dengan seimbang.

  1. Review Hingga Benar-Benar Paham

Sains menjadi salah satu materi yang perlu pemahaman maksimal agar bisa mengerjakan soal-soalnya dengan baik. Untuk itulah siswa harus memahami setiap materi dengan baik dengan melakukan review secara berkelanjutan. Review semua materi olimpiade hingga benar-benar paham bisa menjadi cara belajar yang cukup efektif karena bisa meningkatkan pemahaman siswa terkait materi olimpiade tersebut.

4. Latihan Soal

Setelah siswa berhasil mereview semua materi dengan baik, maka bisa dilanjutkan dengan latihan soal. Cara belajar ini bisa menentukan seberapa paham siswa terhadap materi tersebut dengan mengerjakan latihan soal yang diberikan. Mulailah dari latihan soal tiap bab materi lalu kemudian dilanjutkan dengan soal OSN. Pengerjaan soal secara bertahap ini bisa membuat pemahaman siswa jauh lebih baik karena siswa memulai sesuatu dari yang mudah terlebih dahulu.

5. Disiplin Dan Konsisten

Segala sesuatu tentu akan berhasil jika dilakukan secara disiplin dan konsisten. Siswa benar-benar belajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dengan materi yang sudah ditentukan pula. Sebelum benar-benar paham, pastikan jangan beralih ke materi selanjutnya terlebih dahulu karena akan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi. Disiplin dan konsisten menjadi kunci utama agar bisa berhasil pada olimpiade sains yang akan diikuti oleh siswa baik SD, SMP maupun SMA.

Nah itulah 5 cara belajar olimpiade sains yang bisa diterapkan oleh siswa. Jika semua cara tersebut sudah dilakukan, jangan lupa untuk tawakal dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tentu saja agar semua usaha yang dilakukan untuk mencapai kemenangan di olimpiade bisa menjadi kenyataan. Jangan lupa juga untuk meminta doa restu dari orangtua agar selalu diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal olimpiade.