fbpx

Mengikuti olimpiade fisika tentu merupakan prestasi yang membanggakan. Tidak heran jika kemudian siswa dipersiapkan habis-habisan agar bisa keluar sebagai juara. Mulai dari persiapan belajar dari beberapa bulan sebelum olimpiade, latihan soal setiap hari, hingga persiapan mental agar tidak grogi dan tetap konsentrasi ketika mengerjakan soal. Nah berikut 6 tips mengerjakan soal olimpiade fisika yang mungkin bisa membantu bagi siswa maupun guru yang menjadi tentornya.

1. Tetap Tenang

Tips pertama dalam mengerjakan soal olimpiade fisika adalah tetap tenang. Seringkali banyaknya nomor pada lembar soal sudah membuat siswa pusing terlebih dahulu. Akibatnya dalam mengerjakannya, siswa terburu-buru dan tidak berkonsentrasi penuh. Hal ini secara tidak langsung bisa mempengaruhi hasil akhir dari soal yang dikerjakan. Untuk itulah berusaha tetap tenang dan santai sangat perlu dilakukan karena bagaimana pun otak akan bekerja lebih maksimal.

2. Baca Soal Secara Keseluruhan

Begitu soal dibagikan jangan langsung mengerjakan, namun alangkah baiknya untuk membaca soal secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar siswa memahami terlebih dahulu soalnya sehingga bisa mengerjakan dengan baik. Dengan pemahaman soal yang baik maka siswa bisa menentukan cara pengerjaan soal yang tepat.

3. Buatlah Diagram/Gambar Jika Diperlukan

Pada fisika seringkali ditemukan banyak perumpamaan atau angka-angka yang bisa membuat konsentrasi menjadi buyar. Untuk itulah membuat diagram atau gambar agar memudahkan dalam proses pengerjaan sangat disarankan untuk dilakukan. Di samping akan semakin mudah dipahami, siswa juga akan mengetahui tips mengerjakan yang sesuai.

4. Buatlah Daftar Diketahui

Kebanyakan soal sains dibuat dalam soal cerita panjang. Untuk memahami, guru biasanya akan mengajarkan siswa untuk membuat daftar diketahui, ditanyakan, dan jawab. Cara ini terbukti mampu memudahkan siswa dalam mengerjakan soal karena siswa menjadi sasaran dari soal tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika membuat daftar ini ketika mengerjakan soal olimpiade.

5. List Rumus Yang Bisa Digunakan

Banyaknya rumus fisika tentu seringkali membuat bingung. Namun tidak perlu khawatir, begitu mendapatkan soal, siswa bisa menuliskan semua rumus yang bisa digunakan terlebih dahulu sebelum lupa. Cara ini cukup efektif karena walau bagaimana pun rumus yang jumlahnya banyak tersebut tidak selalu diingat baik oleh siswa dalam waktu yang lama.

6.Pilihlah Rumus Yang Tepat Dan Selesaikan Soalnya

Setelah menuliskan semua rumus yang kira-kira akan digunakan dalam semua soal, saatnya memilih rumus mana yang tepat digunakan. jika sudah, siswa tinggal menyelesaikan soal tersebut menggunakan rumus yang sebelumnya sudah ditentukan.

Nah itulah 6 tips mengerjakan soal olimpiade fisika bagi siswa SD, SMP maupun SMA. Kunci utama dari keberhasilan tentu saja usaha keras untuk belajar dan melakukan persiapan yang matang. Sehingga ketika berhadapan dengan soal-soal sulit siswa bisa mengatasinya dengan baik.