fbpx

Olimpiade matematika menjadi ajang pembuktian kecerdasan bagi setiap siswa baik di tingkat SD, SMP bahkan SMA. Tidak heran jika yang terpilih mengikuti kompetisi ini adalah siswa dengan kecerdasan di atas rata-rata. Nah lalu apa saja cara menang olimpiade matematika yang bisa diterapkan oleh setiap siswa? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kuasai Materi

Salah satu cara menang olimpiade matematika adalah tentu saja dengan menguasai materi yang akan dilombakan. Sebelumnya setiap siswa harus paham betul silabusnya agar bisa mempersiapkan materi dengan maksimal. Pada siswa SD sendiri, setidaknya harus menguasai materi OSN sekolah dasar sebagai bekal mengalahkan rival ketika di kompetisi olimpiade. Begitu juga untuk tingkatan sekolah yang lebih tinggi. Cara menguasai materi matematika sendiri selain menghafal rumus-rumus yang tentu tidak sedikit juga harus bisa memahami dengan baik. Bekal pemahaman yang baik akan memudahkan siswa menghadapi olimpiade matematika.

  1. Perbanyak Latihan Soal Olimpiade

Jika sudah menguasai materi dengan baik, tentu saja harus dibarengi dengan memperbanyak latihan soal. Meskipun seringkali siswa bisa dengan mudah menangkap materinya, jika berhadapan dengan soal dengan jenis yang berbeda akan merasa kesulitan. Untuk itulah melakukan latihan secara rutin, mulai dari soal-soal OSN, SBMPTN, hingga soal jenis olimpiade akan semakin mengasah kemampuan siswa dalam menjawab berbagai soal yang bervariasi.

3. Minta Bantuan Tentor Atau Pelatih

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mungkin cukup sulit bagi sebagian besar siswa di sekolah dasar. Hal ini tentu saja karena banyaknya rumus yang harus dihafal, belum lagi hitung-hitungan yang seringkali membingungkan. Untuk itulah, agar bisa maksimal ketika mengikuti olimpiade matematika bisa mendatangkan tentor atau pelatih yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tanyakan semua materi yang memang belum dikuasai dengan baik agar bisa dipecahkan bersama-sama dengan tentor atau pelatih.

4. Tidak Mudah Menyerah

Satu hal yang paling penting untuk bisa mencapai kemenangan maupun kesuksesan tentu saja adalah tekad yang kuat untuk terus mencoba dan tidak mudah menyerah. Jika latihan sekali dua kali masih banyak menemukan kesulitan, jangan menyerah karena hal tersebut tentu sangat biasa. Teruslah berlatih secara rutin hingga latihan soal benar-benar bisa dikerjakan semuanya dengan baik. Dengan begitu siswa akan semakin optimis untuk bisa meraih kemenangan.

5. Jangan Lupa Berdoa

Setelah segala usaha dilakukan agar bisa menang pada olimpiade matematika, tentu siswa tidak boleh melewatkan hal yang satu ini. Berdoa menjadi salah satu senjata yang ampuh agar semua keinginan dan impian yang dicita-citakan bisa terkabul. Untuk itulah meskipun sudah sangat berusaha keras dalam persiapan olimpiade jangan lupa juga untuk berdoa.

Itulah 5 cara menang olimpiade matematika yang bisa dipraktekkan. Karena keberhasilan diraih oleh siapa pun yang berusaha dan berdoa, untuk itulah tanamkan hal ini kepada siswa-siswa sejak dini bukan hanya karena akan mengikuti olimpiade saja. Untuk persiapannya sendiri setidaknya lakukan beberapa bulan sebelum olimpiade dimulai agar semakin matang dan maksimal hasilnya.