fbpx

Olimpiade Sains Nasional SMA (OSN SMA) adalah kompetisi pelajar nasional di bidang sain. Pesertanya adalah pelajar-pelajar SMA terbaik di bidang sains. Olimpiade Sains ini adalah agenda tahunan dalam dunia pendidikan Indonesia. Melalui olimpiade sains ini akan tiap peserta dari perwakilan seluruh Indonesia akan menunjukan kecerdasannya dalam bidang sains.

Pelajaran Yang Dikompetisikan

Pelajaran yang dikompetisikan pada OSN SMA cukup banyak, ada 9 mata pelajaran. Ketujuh mata pelajaran itu antara lain: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Mata pelajaran Kebumian dan Geografi merupakan mata pelajaran yang baru ditambahkan, yang mana sejak awalnya OSN diselengarakan belum ada. Kebumian dikompetisikan sejak 2008, sedangkan Geografi mulai 2013.

Seleksi OSN SMA

Tahap awal adalah lolos dari seleksi di sekolah. Beberapa sekolah SMA memiliki ekskul khusus yang mempersiapkan diri untuk mengikuti olimpiade. Apabila tidak ada seleksi akan dilakukan oleh Bapak/Ibu guru dengan mengadakan seleksi pada para siswa untuk mencari siapa yang layak dijadikan perwakilan sekolah.

Biasanya beberapa siswa-siswi yang lolos tepilih mewakili sekolah, akan ikut pada penyeleksian tahap berikutnya. Seleksi berikutnya yaitu di tingkat kota/kabupaten. Mereka akan diseleksi bersama dengan perwakilan siswa-siswa sekolah lain. Mereka yang masuk dalam 3 peserta terbaik dalam setiap bidang akan mewakili kota/kabupaten tersebut untuk mengikuti seleksi tingkat propinsi.

Sama dengan tingkat sebelumya, pada tingkat propinsi akan terpilih 3 orang peringkat teratas. Mereka yang berhak mengikuti kompetisi puncak Olimpiade Sains Nasional SMA menghadapi pelajar-pelajar terbaik dari seluruh Indonesia.

Pada perlombaan puncak wakil-wakil propinsi tersebut akan berlomba-lomba mendapatkan medali emas, perak dan perunggu yang disediakan untuk mereka yang memiliki peringkat-peringkat teratas. Pelajar-pelajar terbaik di bidang sains itu akan diikutkan pelatihan nasional (pelatnas) untuk menjadi tim perwakilan Indonesia dalam olimpiade sains internasional.

Penyelenggaraan OSN SMA

Perlombaan puncak akan dihelat pada kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah OSN. Biasanya OSN semua tingkat akan diselenggarakan di tempat dan waktu yang sama. Biasanya dilaksanakan sekitar pertengahan tahun, antara bulan Mei hingga September.

Hampir selama seminggu perhelatan OSN berlangsung. Apabila wakil-wakil dari sebuah propinsi banyak mendapatkan medali, dan berhasil menjadi yang terbanyak maka Propinsi tersbut akan dapat menjadi juara umum.

Peluang Mewakili Indonesia

Peraih medali dalam Olimpiade Sains Nasional SMA akan langsung dimasukkan pada Pelatnas untuk dilatih menjadi wakil Indonesia dalam kejuaran sains Internasional. Tim olimpiade Indonesia saat ini ada 8 bidang antara lain TOMI (Tim Olimpiade Matematika Indonesia), TOFI (Fisika), TOKIM (Kimia), TOBI (Biologi), TOASTI (Astronomi dan Astrofisika), TOKI (Komputer), TOIKI (ilmu Kebumian), TOGI (Geografi).

Mereka masing-masing mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade sesuai bidangnya antara lain: IMO (International Mathematic Olimpiad), IphO (Physic), IchO (Chemistry), IBO (Biology), IOAA (Astonomy & Astrophysic), IOI (Komputer), IESCO (Earth Science), Igeo (Geograph).

Para peserta Olimpiade Sains Nasional SMA adalah calon-calon ilmuwan masa depan Indonesia di bidang Sains. Sebagai orang tua sudah menjadi tanggungjawab kita terus memotivasi mereka untuk terus mengembangkan bakatnya di bidang sains. Siapa tahu suatu hari kelak mereka akan mengharumkan nama bangsa.