fbpx

Olimpiade Sains Nasional SMP (OSN SMP) kegiatan perlombaan nasional di bidang sain. Di mana pesertanya adalah siswa-siswa SMP. Olimpiade Sains ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI setiap tahunnya. Melalui perlombaan ini akan memunculkan putra-putri terbaik bangsa dalam bidang sains.

Pelajaran Yang Dilombakan

Bidang pelajaran yang dilombakan pada OSN SMP pada awal penyelenggaraannya adalah Matematika, Fisika Dan Biologi. Sempat ada tambahan Astronomi pada tahun 2008, namun pada 2009 dihapus. Di tahun 2010 di masukkan pelajaran IPS. Pada 2015 mata pelajaran Fisika dan Biologi digabungkan menjadi IPA. Saat ini pelajaran yang dilombakan antara lain,

  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Seleksi OSN SMP

Di sekolah biasanya seleksi dilakukan oleh Bapak dan Ibu guru. Bapak dan Ibu guru dari setiap pelajaran akan memantau siswa-siswanya yang memiliki potensi kelebihan dalam ketiga mata pelajaran tersebut. Tidak jarang diantara siswa-siswa tersebut dilakukan ujian untuk mencari yang terbaik diantara mereka untuk mewakili sekolah.

Siswa-siswi yang dianggap terbaik dari sekolah tersebut diikutkan pada seleksi di tingkat kota/kabupaten. Dalam seleksi tingkat kabupaten dan kota akan dipilih 3 peserta terbaik untuk tiap mata pelajaran. Ketiga orang terbaik tersebut berhak mewakili kota/kabupaten tersebut di tingkat propinsi.

Para perwakilan kota/kabupaten yang berkompetisi di tingkat propinsi juga akan diseleksi sebanyak 3 orang setiap mata pelajaran. Dengan demikian akan terpilih 9 orang yang masing-masing adalah peringkat 1,2, dan 3 di setiap pelajaran. Merekalah yang akan mengikuti event kompetisi puncak Olimpiade Sains Nasional SMP.

Pada event puncak biasanya semua peserta yang mewakili propinsi masing-masing, akan memperebutkan medali emas, perak dan perunggu. Serta bagi pemenang akan berkesempatan mewakili Indonesia pada event Olimpiade Sains Internasional.

Penyelenggaraan OSN SMP

OSN SD, SMP dan SMA seringkali diselenggarakan secara bersama di satu kota yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Namun dalam beberapa kali kesempatan OSN SMP diadakan terpisah dari OSN SMA dan SD. Pada prinsipnya semua peserta OSN SMP akan dikompetisikan secara bersama di satu tempat, dalam waktu bersamaan.

Kompetisi dilaksanakan selama 6 hari. Propinsi yang perwakilannya paling banyak mendapatkan piala akan mendapatkan Juara Umum OSN ini. Dalam konteks ini perolehannya digabung dengan OSN SD dan SMA.

Peluang Mewakili Indonesia

Mereka yang berhasil meraih medali dalam OSN akan dimasukkan dalam Pelatihan Nasional (Pelatnas) besama juara-juara lainnya untuk mewakili Indonesia di ajang internasional. Peraih medali OSN SMP pelajaran IPA akan dilatih mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade sains Junior Internasional (IJSO). Sedangkan yang IPS dilatih mewakili Indonesia dalam Olimpiade Astronomi Internasional (IAO).

Memiliki putra-putri yang cerdas dan mewakili sekolah, kota, dan propinsinya dalam ajang Olimpiade Sains Nasional SMP adalah sebuah kebanggaan. Apalagi bisa mewakili bangsa ini di ajang internasional. Sudah selayaknya sebagai orang tua mendorong prestasi mereka di ajang OSN ini.