fbpx

Salah satu ajang yang paling berkompetensi dari olimpiade sains nasional adalah OSN Biologi SMA. Banyak pelajar yang berkontribusi dari seluruh provinsi untuk mengikuti ajang ini. Ajang ini sangat bergengsi dan bisa membanggakan keluarga dan sekolah. Bagi putra-putri orang tua yang ingin mengikuti ajang ini, ada beberapa tips di bawah ini yang bisa diterapkan.

1. Pahami Dan Membaca Materi

Pelajaran biologi dibutuhkan penguasaan materi dalam hal membaca. Membaca yang dimaksud di sini tidak hanya membaca materi yang disediakan dari sekolah, akan tetapi juga materi dari buku lain. Buku lain yang dibaca tidak hanya berbahasa Indonesia saja namun juga buku berbahasa Inggris bisa diberikan kepada putra-putri orang tua.

Tidak hanya membaca saja, putra-putri orang tua juga diharapkan untuk memahami materi dan tidak cukup hanya membaca saja. Dalam pelajaran biologi, banyak pelajaran seperti proses makhluk hidup seperti fotosintesis, impuls saraf, dan lain-lain yang perlu dipahami.

2. Kuasai Alat Lab

Alat laboratorium tentu dekat dengan pelajaran biologi sehingga putra-putri orang tua diharapkan bisa menguasai alat lab. Dalam OSN Biologi SMA, penguasaan alat lab perlu menjadi bekal putra-putri yang mengikuti OSN. Maka dari itu agar dapat meraih medali dalam olimpiade jangan sampai ceroboh ketika sedang praktikum.

Selain menguasai alat lab, putra-putri orang tua yang ingin mengikuti OSN juga perlu untuk memiliki kemampuan analisa serta ketelitian tinggi. Putra-putri orang tua juga diharapkan terbiasa dengan makhluk hidup yang dibedah. Tidak hanya itu, putra-putri orang tua juga harus selalu update berita terbaru yang berkaitan dengan biologi.

3. Ikut Lomba Biologi

Jika di sekolah atau luar sekolah mengadakan kompetisi biologi tingkat SMA, maka para orang tua bisa mendaftarkan putra-putrinya dalam kompetisi tersebut. Kompetisi biologi tersebut bisa menjadi sebuah persiapan sebelum berlaga di olimpiade sains nasional.

4. Persiapan Mental

Hal yang paling penting ketika putra-putri orang tua mengikuti OSN biologi SMA adalah persiapan mental. Banyak para pelajar yang kurang  bisa mengelola rasa gugup ketika mengerjakan soal. Diharapkan juga putra-putri orang tua tenang ketika sedang menunggu pengumuman. Hal tersebut karena mental yang bagus menjadi sebuah hal yang penting untuk putra-putri orang tua.

5. Mengikuti Les

Putra-putri orang tua bisa memperbolehkan anaknya untuk belajar bersama dengan teman yang pintar dalam biologi atau belajar bersama guru biologi. Hal tersebut dapat memberikan wawasan yang lebih bagi putra-putri orang tua.

Para orang tua juga bisa merekomendasikan putra-putrinya untuk mengikuti les. Karena dengan mengikuti les, wawasan selain dari sekolah akan bertambah. Selain itu, dengan mengikutkan les akan ada banyak materi baru yang tidak bisa didapatkan di sekolah.

OSN Biologi SMA merupakan salah satu ajang bergengsi di olimpiade sains nasional. Ajang ini membuktikan bahwa sains masih diminati para pelajar di Indonesia. Bagi para orang tua yang ingin putra-putrinya mengikuti ajang ini, bisa mengikuti beberapa tips di atas.

jika ingin mempersiapkan anak anda untuk mengikuti les privat osn, dapat menghubungi kami di akun sosial media via Instagram di @lesprivatjogja_pustakaguru atau via Facebook di Pustaka Guru.Belajar Kreatif atau juga dapat via Twitter di @bimbelpstakaguru