fbpx

Komputer menjadi salah satu pelajaran yang dilombakan dalam ajang olimpiade sains nasional. Dalam perlombaan ini cukup menantang karena menggabungkan matematika dan komputer. Bagi orang tua yang anaknya ingin mengikuti OSN komputer, berikut adalah beberapa yang harus dipersiapkan agar anak nantinya bisa meraih medali.

1. Bahan Belajar

Agar dapat meraih medali dalam ajang ini, sudah tentu harus dilakukan dengan cara belajar. Di samping belajar terkadang soal juga bisa menentukan anak bisa menghadapi seleksi OSN baik itu di tingkat kabupaten / kotamadya maupun provinsi. Maka dari itu, para orang tua bisa mencari soal-soal untuk belajar dari internet.

Alasannya tentu saja mudah, OSN komputer sendiri memiliki banyak bahan belajar dari internet. Seperti misalnya soal dari tahun lalu, bahan belajar, dan lain-lain. Sarankan anak untuk bergabung ke sosial media yang membahas tentang olimpiade komputer.

2. Tempat Les

Beberapa orang tua di Indonesia ada yang bisa mengakses internet untuk mencarikan materi atau bahan belajar bagi anak. Untuk orang tua yang tidak terlalu mengerti dengan internet, ada satu rekomendasi yang bisa dicoba yaitu mencari tempat les. Tempat les untuk OSN sendiri sekarang sudah ada di Indonesia.

Biasanya tempat les yang ada di Indonesia ini menyediakan layanan untuk ujian dan pelajaran umum saja. Akan tetapi tempat les untuk OSN ini berbeda karena terdapat pengajar-pengajar yang siap memberikan ilmu agar anak-anak dapat meraih medali di ajang OSN. Anak yang les juga tidak jarang lolos dalam seleksi baik itu kabupaten maupun provinsi.

3. Merestui Putra-Putri

Salah satu hal yang patut dipersiapkan dari orang tua kepada anak yang ingin mengikuti OSN komputer adalah restu dari orang tua sendiri. Ajang seperti ini dapat membanggakan orang tua mengingat ini merupakan kompetisi yang melibatkan seluruh pelajar dari berbagai provinsi di Indonesia.

Selain membanggakan orang tua, sekolah juga merasa bangga jika anak didiknya mengikuti ajang ini. Maka dari itu, restu orang tua benar-benar harus disiapkan. Orang tua harus siap jika anaknya mengikuti ajang ini.

4. Motivasi Kepada Anak

Tidak hanya merestui saja, para orang tua juga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak. Seorang anak tentunya membutuhkan dorongan dari orang tua beberapa motivasi. Contoh yang mudah untuk anak bisa termotivasi adalah dengan memberikan hadiah jika anak bisa lolos di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.

  1. Doa

Hal yang tidak kalah penting dari semua adalah doa dari orang tua. Banyak orang yang berkata bahwa usaha tanpa doa merupakan sebuah bentuk kesombongan. Untuk itu bagi para orang tua juga harus berdoa agar anaknya bisa lolos seleksi dan maju di tingkat nasional serta mendapatkan medali.

Salah satu dari sekian banyak kompetisi OSN yang dilombakan adalah komputer. OSN komputer menjadi salah satu ajang yang bergengsi serta membutuhkan banyak persiapan. Tidak hanya anak saja yang perlu persiapan akan tetapi orang tua juga butuh persiapan yang bisa dicontohkan seperti di atas.

jika memerukan lembaga les privat, hubungi kami di Pustaka Guru via sosial media seperti instagram di @lesprivatjogja_pustakaguru atau via facebook di Pustaka Guru.Belajar Kreatif atau via twitter di @bimbelpstakaguru