fbpx

Salah satu cabang yang dilombakan dalam olimpiade sains nasional adalah ekonomi. Meskipun sebenarnya pelajaran ekonomi tidak masuk dalam sains, akan tetapi ekonomi dilombakan di ajang OSN. Bagi putra-putri orang tua yang ingin menghadapi OSN, berikut ini adalah beberapa tips dalam menghadapi OSN ekonomi.

1. Mengerjakan Soal Tahun Lalu

Agar putra-putri orang tua berhasil meraih medali di ajang Olimpiade Sains Nasional, hal yang tentu dilakukan adalah dengan belajar. Belajar untuk mendapatkan medali di olimpiade ini bisa dilakukan sesuai dengan kenyamanan putra-putri orang tua. Sebagai orang tua juga tentunya harus mendukung putra-putrinya untuk belajar.

Salah satu cara untuk belajar adalah dengan mengerjakan soal OSN yang dilombakan beberapa tahun ke belakang. Dengan latihan soal tahun sebelumnya, putra-putri orang tua diharapkan bisa siap untuk menghadapi olimpiade sains nasional.

2. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Hal yang tidak kalah penting dari belajar tentu saja memanfaatkan waktu dengan baik. Sekolah biasanya hanya menyediakan waktu yang sedikit untuk putra-putri mengikuti OSN ekonomi. Alangkah baiknya sebagai orang tua untuk mengingatkan putra-putrinya untuk mengurangi waktu bermain.

Selain itu sebagai orang tua juga harus membatasi putra-putrinya dalam menggunakan gadget. Biasanya ketika putra-putri orang tua menggunakan gadget mereka terkadang suka lupa waktu sehingga lupa untuk belajar. Maka dari itu ingatkan kepada putra-putri untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

3. Mempersiapkan Mental

Ada baiknya juga untuk para orang tua lebih sadar akan kesiapan mental dari putra-putrinya. Mengikuti ajang olimpiade ini memang harus membutuhkan mental yang kuat. Terlebih lagi putra-putri orang tua maju ke ajang ini mewakili provinsi. Untuk itu dibutuhkan mental yang kuat sehingga bisa memenangkan ajang ini.

Dalam memberikan motivasi terkait mental, putra-putri orang tua sebaiknya jangan memberikan beban kepada putra-putri. Seseorang yang diberikan beban belum tentu akan berkembang, bisa jadi putra-putri orang tua malah tertekan karena merasa dibebani. Maka dari itu, orang tua juga menjadi penentu anak bisa meraih medali di ajang ini.

4. Mengikuti Pelatihan

Pelatihan biasanya sering diadakan oleh beberapa lembaga menjelang olimpiade sains nasional. Biasanya pelatihan ini dimulai dari tingkat kabupaten kemudian sampai ke tingkat provinsi. Untuk para orang tua sebaiknya untuk mengikutkan putra-putrinya ke dalam pelatihan. Dengan tujuan agar putra-putri nantinya bisa berlaga di ajang OSN.

Jika tidak ada latihan, putra-putri orang tua juga bisa belajar dengan guru pengajar ekonomi yang ada di sekolah. Apabila tidak ada, maka putra-putri bisa belajar secara otodidak dengan mengerjakan soal-soal OSK, OSP, ataupun OSN tahun lalu. Hal tersebut nantinya bisa jadi bahan untuk belajar bagi putra-putri.

5. Mengikuti Les

Akan tetapi apabila belajar secara otodidak belum menemukan hasil dan masih ada kesulitan dalam belajar, masih ada alternatif lain. Para orang tua bisa merekomendasikan kepada putra-putri orang tua untuk mengikuti les. Hal tersebut karena di tempat les, putra-putri orang tua akan bertemu dengan guru yang ahli dengan pelajaran ekonomi.

Ekonomi menjadi salah satu ajang yang dilombakan di OSN. Untuk yang ingin menghadapi OSN, para orang tua bisa menerapkan beberapa cara di atas kepada putra-putrinya. Hal tersebut bertujuan agar putra-putrinya bisa meraih medali.

untuk informasi lembaga les privat osn dapat menghubungi kami di akun instagram di @lesprivatjogja_pustakaguru atau via facebook di Pustaka Guru.Belajar Kreatif serta via twitter di @bimbelpstakaguru