fbpx

Anak yang pintar dalam mengerjakan soal matematika di SMA tidak jarang akan diikutkan untuk maju ke OSN Matematika SMA mewakili sekolahnya. Ruang lingkup dari OSN ini jauh di luar silabus sekolah. Bagi putra-putri yang ingin mengikuti olimpiade matematika, ada beberapa tips di bawah ini agar putra-putri bisa berhasil meraih peringkat teratas.

1. Mempelajari Silabus

Sudah jelas yang harus dilakukan orang tua dalam membimbing putra-putri mengikuti OSN matematika SMA adalah dengan meminta putra-putri memahami silabus. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa silabus yang digunakan untuk OSN tidak menggunakan silabus sekolah.

Maka dari itu sebagai orang tua bisa mencarikan silabus yang tepat supaya putra-putri bisa belajar untuk mengikuti OSN. Bisa juga para orang tua berkonsultasi dengan guru matematika di sekolah untuk meminta silabus yang ada. Dengan mempelajari silabus, setidaknya putra-putri dapat mengerti apa saja soal yang keluar di olimpiade matematika.

2. Meminta Soal Dari Guru Matematika

Berikutnya selain meminta silabus dari guru pembimbing, para orang tua bisa meminta guru matematika untuk memberikan soal. Soal ini bertujuan supaya putra-putri terlatih dalam mengerjakan soal yang dilombakan dalam olimpiade. Beberapa guru matematika tentu memiliki soal yang bisa digunakan latihan untuk putra-putri.

Jika para orang tua memiliki relasi dengan guru matematika dari sekolah lain juga bisa meminta soal dari mereka sebagai bahan latihan. Guru matematika dari sekolah lain juga beberapa ada yang memiliki soal matematika untuk olimpiade.

3. Memberikan Soal Dari Luar Sekolah

Di samping memberikan soal yang datang dari guru matematika baik dari sekolah tempat putra-putri belajar atau sekolah lain, bisa juga memberikan soal dari luar. Internet memiliki banyak soal yang bisa dipelajari di rumah.

Tidak hanya itu, di internet juga terdapat banyak soal-soal olimpiade dari tahun yang lalu. Para orang tua bisa mengunduh soal dari internet untuk bahan belajar putra-putri. Mintalah kepada putra-putri untuk mengikuti les di luar sekolah supaya bisa mengerjakan soal-soal yang tidak bisa didapatkan di sekolah.

4. Dengarkan Keluh Kesah Putra-Putri

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bicaralah kepada putra-putri ketika ada kesulitan. Mendengarkan keluhan mereka sangat penting karena dapat membuat mereka merasa nyaman dan sebagai orang tua bisa memberikan solusi. Para orang tua juga dapat berkonsultasi dengan guru pembimbing terkait dengan masalah pada putra-putri.

5. Beri Motivasi

Hal yang tidak kalah penting dari hanya sekedar mendengarkan adalah berikan motivasi kepada putra-putri supaya bisa memenangkan olimpiade. Contoh dalam memberi motivasi adalah mendorong dengan memberikan hal yang disukai putra-putri. Dengan hal tersebut, maka putra-putri dapat meraih peringkat di OSN matematika SMA.

OSN Matematika SMA menjadi salah satu kompetisi yang cukup membanggakan nama sekolah dan orang tua. Bagi orang tua yang ingin menghadapi putra-putri yang ingin mengikuti olimpiade matematika SMA, bisa mencoba beberapa tips yang sudah disampaikan di atas.

dapat bergabung dengan Pustaka guru di akun media sosial untuk informasi les privat persiapan OSN, via instagram di @lesprivatjogja_pustakaguru atau via facebook di Pustaka Guru.Belajar Kreatif atau via twitter dengan @bimbelpstakguru