fbpx

Semua orang tua sudah pasti menginginkan anaknya menjadi pintar dan cerdas, juga baik dalam melakukan segala hal. Termasuk bagian akademik atau non-akademiknya. Akan tetapi, guna mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Perlu perjuangan keras dan strategi yang tepat agar potensi yang anak punyai dapat termaksimalkan dengan baik, bukan sebaliknya.

Salah satu harapan banyak orang tua adalah agar anaknya dapat berprestasi di sekolah.             Namun pada kenyataannya beban belajar di sekolah sangat banyak. Tuntutan pembelajaran dengan kurikulum baru membuat setiap anak harus cerdik dalam megatasi persoalan belajar yang terkadang tidak semangat dalam melakukannya. Maka pada akhirnya anak-anak akan mengikuti pelajaran tambahan di luar kelas seperti bimbingan belajar atau membuat kelompok belajar dengan teman-temannya.

Pada dasarnya kegiatan-kegiatan tersebut baik dalam meningkatkan akademik anak. Namun ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan dalam melaukan itu. Seperti tempat yang jauh dari bimbel dan lain sebagainya. Oleh sebab itu salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mendatangkan les privat di rumah. Kegiatan ini tentu sangat baik dalam mencapai keefektifan dalam belajar. Berikut adalah alasan kenapa les privat sangat penting untuk efektif untuk dilakukan        :

  1. Kesibukan orang tua

Sebagian orang tua terutama di kota-kota besar memiliki jadwal yang cukup padat seperti berkarir di dalam pekerjaan, aktif di kegiatan pemerintahan atau kegiatan social, keagamaan, atau menjadi seorang wirausahawan. Tentunya membutuhkan mobilitas yang tinggi sehingga tidak mungkin untuk membantu anak dalam belajar. Les privat adalah solusi yang tepat jika kondisi orang tua demikian adanya.

  1. Jarak bimbingan yang jauh

Terkadang beberapa tempat bimbingan belajar memiliki letak yang tidak strategis sehingga membuat anak susah dalam mencapainya. Les privat dapat menjadi solusi dan juga bisa menghemat pengeluaran untuk transport.

  1. Banyak siswa di dalam satu kelas

Ketika anak di dalam kelas maka tidak akan fokus dalam belajar karena harus bercampur dengan siswa-siswa lainnya. Hal ini juga kadang menjadi hambatan seperti seringnya anak diajak bercanda sehingga tidak serius dalam menerima pelajaran yang diberikan guru.

  1. Anak yang pemalu

Anak yang cenderung pemalu di kelas akan kesulitan dalam menerima pembelajaran baik di kelas maupun di bimbel. Hal ini disebabkan karena anak yang pemalu tidak akan memiliki keberanian untuk bertanya ketika ada pelajaran yang tidak dimengerti.

  1. Kurang percaya diri

Anak yang kurang percaya diri tidak mempunyai pendirian saat belajar. Misalnya ketika ia dihadapkan dengan soal yang sulit dikerjakan anak tersebut pasti akan ragu di dalam menjawab soal tersebut. Padahal anak itu mengetahui jawabannya. Melalui les privat dapat menambah kepercayaan diri yang dimiliki anak karena bisa langsung bertanya ketika ada soal yang sulit untuk dijawab.

  1. Biaya yang lebih mahal

Kegiatan bimbingan belajar justru lebih mahal daripada mendatangkan guru les privat. Karena ada biaya tambahan lain seperti transport pulang pergi dan hal-hal lainnya.

Les Privat Untuk Mengatasi Kesibukan Orang tua

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan di atas adalah, les privat merupakan yang tepat bagi orang tua yang menginginkan anaknya dapat berprestasi secara akademik di tengah kesibukan orang tua. Guru les privat dapat menyesuaikan waktu belajar, juga dapat menyesuaikan cara mengajar dengan cara belajar anak yang tentunya masing-masing anak memiliki perbedaan satu sama lain.