fbpx

Ujian mandiri adalah suatu sistem seleksi dengan cara ujian yang dilaksanakan oleh semua pelajar SMA atau calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang diminati. Sistem seleksi ini dibuat oleh masing-masing institusi pendidikan untuk memberi alternatif pilihan kepada mereka yang tidak lolos SBMPTN maupun SNMPTN supaya bisa melanjutkan studi ke PTN yang diinginkan.

Mekanisma seleksi melalui sistem ini tidak jauh berbeda dengan sistem SBMPTN maupun SNMPTN. Tes-tesnya terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD), dan juga Tes Kelompok SOSHUM/SAINTEK. Namun meski begitu materi-materi ujian yang diberikan agak sedikit berbeda karena soal-soal tersebut berasal dari pihak Perguruan Tinggi Negeri yang bersangkutan. Jadi setiap universitas memiliki soal-soal yang berbeda-beda.

Bagi yang ingin lulus ujian mandiri dibutuhkan keseriusan dan fokus belajar yang tinggi karena tentu saja tidak mudah dalam bersaing dengan yang lain. Namun ada beberapa tips berikut yang dapat dilakukan agar dapat lolos ujian mandiiri, antara lain         :

  1. Membangun Motivasi Diri

Sebagian besar anak akan merasa kurang percaya diri ketika bermimpi masuk ke perguruan tinggi yang ia inginkan. Hal ini karena memang persaingan yang cukup ketat dan dengan jumlah yang banyak dari seluruh Indonesia. Jangan merasa pesimis karena tidak pernah ranking di kelas, punya nilai sebatas KKM, atau sering sekali mengalami remidial. Hal ini tidak berarti anak tersebut tidak bisa lolos masuk ujian perguruan tinggi yang ia inginkan.

  1. Mengikuti bimbel

Bimbel adalah les kursus pada umumnya. Hal yang membedakan adalah materi-materi yang diajarkan oleh tutor ahli tentang prediksi soal-soal ujian masuk perguruan tinggi. Biasanya bimbel akan dipenuhi oleh pelajar yang mengejar ujian mandiri dari universitas tertentu. Adanya promo menarik dan jaminan akan lolos membuat para pelajar SMA sangat tertarik mengikutinya.

  1. Sering latihan soal

Berlatih soal adalah cara yang dapat dilakukan agar bisa menjawab soal-soal yang memungkinkan keluar di ujian masuk perguruan tinggi. Soal-soal tersebut dapat didapatkan dari berbagai buku tentang persiapan ujian masuk universitas, juga dari bimbel-bimbel.

  1. Rajin mengikuti Try Out

Try Out mempunyai peran yang cukup penting di dalam persiapan ujian masuk perguruan tinggi. TO tidak hanya berisi latihan soal biasa, namun bisa menjadi simulasi dari soal-soal sesungguhnya. Dengan adanya TO, bisa melatih penggunaan waktu yang sebelumnya sudah ditentukan, yaitu 105 dan 75 menit khusus untuk soal Saintek serta Soshum. Selain itu, TO dapat dijadikan evaluasi materi yang menjadi penghambat di dalam mengerjakan ujian.

  1. Membuat Jadwal Belajar

Materi-materi tentang ujian masuk perguruan tinggi banyak sekali. Seakan tidak pernah ada habisnya mempelajari rumus-rumus serta teori yang tidak hanya perlu dipahami namun juga dihafalkan.

 

Les Privat SMA Untuk Lolos SBMPTN

Cara-cara di atas dapat dilakukan secara bertahap dan kontinyu setiap hari. Anak juga harus dapat fokus dengan hal tersebut supaya hasil yang didapatkan nanti bisa maksimal. Namun, jika dirasa belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka ada baiknya mendatangkan guru les privat khusus agar mengajari anak materi-materi ujian mandiri. Selain lebih efektif daripada bimbingan belajar, guru les privat juga memungkinkan untuk lebih fokus di dalam pengajaran materi ujian mandiri dan latihan-latihan soal yang mungkin tidak bisa maksimal didapatkan ketika mengikuti bimbingan belajar karena harus bersama dengan anak-anak yang lain.