fbpx

Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang diimpikan adalah harapan sebagian besar pelajar. Hampir semua anak SMA menargetkan dapat berkuliah di universitas negeri yang mereka inginkan. Namun hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah, karena harus bersiap untuk bersaing ketat dengan banyak orang. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah seleksi yang jadi pintu gerbang dari penerimaan mahasiswa baru di lingkungan tinggi negeri yang menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini sudah menunjukkan berbagai keunggulan serta keuntungan, baik untuk calon mahasiswa, universitas itu sendiri, ataupun juga kepentingan nasional.

Bagi yang ingin lulus SBMPTN dibutuhkan keseriusan dan fokus belajar yang tinggi karena tentu saja tidak mudah dalam bersaing dengan yang lain. Namun ada beberapa tips berikut yang dapat dilakukan agar dapat lolos SBMPTN, yaitu    :

  1. Melakukan persiapan sejak dini

Jangan pernah menunda-nunda waktu, meski berharap masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diimpikan melalui jalur undangan atau SNMPTN, harus bersiap pula dengan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, seperti tidak diterima dalam SNMPTN. Maka dari itu, sebisa mungkin mempersiapkan SBMPTN sejak awal sehingga bisa maksimal.

  1. Mempelajari website SBMPTN

Hal yang terpenting lain adalah mengetahui medan di mana nantinya bertempur dengan siswa-siswa lain seluruh indonesia. Bisa melakukannya dengan cara melihat website nya sehingga nanti akan mengetahui bagaimana sistem penerimaan mahasiswa melalui jalur ini dan juga bisa mengambil strategi belajar. Dapat pula mengecek apakah PTN yang diinginkan masuk ke dalam kampus yang menerima mahasiswa pada tahun tersebut. Misalnya saja pada SBMPTN tahun 2015 lalu, tidak bisa mengambil jurusan keislaman misalnya sastra arab, atau ilmu tafsir dari seluruh Indonesia melalui jalur SBMPTN.

  1. Unduh serta pelajari soal-soal tahun lalu

Soal-soal yang terdapat di dalam SBMPTN didesain khusus untuk menyaring pelajar-pelajar yang memang memiliki bekal di perkuliahan kelak. Berbeda dengan ujian-ujian yang memang didesain khusus untuk melihat sejauh apa materi yang dikuasai. Maka dari itu harus punya gambaran seperti apa yang pastinya sangat berbeda dengan soal-soal Ujian Nasional.

  1. Memahami konsep dasar, tidak hanya menghafal

Mengumpulkan konsep dasar mata pelajaran dapat dilakukan untuk semakin memahami materi yang dibutuhkan. Jangan hanya mengandalkan menghafal materi, khususnya mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu sosial seperti geografi, ekonomi, sosiologi, dan lain-lainnya. Pelajari kata kunci dan lain sebagainya. Dapat mempelajari lewat buku, perpustakaan, youtube, atau bahkan juga sekolah. Dewasa ini banyak sekali video-video yang memudahkan dalam belajar.

  1. Mempelajari soal dari tahun sebelumnya (yang paling sering muncul)

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mencari soal-soal yang kira-kira sering muncul di tahun-tahun sebelumnya, kemudian mempelajari dan menguasai materi-materi tersebut.

Les Privat SMA Untuk Lolos SBMPTN

Langkah-langkah diatas dapat dilakukan secara bertahap dan kontinyu setiap hari. Anak juga harus dapat fokus dengan hal tersebut supaya hasil yang didapatkan nanti bisa maksimal. Namun, jika dirasa belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka ada baiknya mendatangkan guru les privat khusus agar mengajari anak materi-materi SBMPTN. Selain lebih efektif daripada bimbingan belajar, guru les privat juga memungkinkan untuk lebih fokus di dalam pengajaran materi SBMPTN dan latihan-latihan soal yang mungkin tidak bisa maksimal didapatkan ketika mengikuti bimbingan belajar karena harus bersama dengan anak-anak yang lain.

dapat informasi lebih lanjut hubungi +62-812-2924-3425 atau hubungi media sosial kami di instagram di @bimbelpustakaguru atau via facebook di Pustaka Guru.Belajar Kreatif atau via twitter kami di @bimbelpstakaguru