fbpx

Salah satu pelajaran yang menjadi momok bagi siswa SD adalah Bahasa Inggris. Padahal pelajaran ini sangat penting dipelajari karena menjadi bahasa yang paling sering dipakai di dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang default di dalam kehidupan di zaman modern ini.

Bahasa Inggris sangat baik diterapkan pada anak sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak lebih mudah memahami karena anak-anak cenderung mampu menangkap lebih cepat daripada orang dewasa terutama dalam kemampuan berbahasa. Berikut adalah tips-tips yang dapat diberikan agar anak-anak dapat belajar Bahasa Inggris dengan baik dan cepat                         :

  1. Membangun rutinitas

Ketika di rumah bisa dilakukan dengan cara membangun rutinitas, yaitu membuat jadwal tertentu untuk mulai bahasa inggris di rumah. Tidak perlu membuat jadwal yang padat, cukup singkat namun memiliki intensitas yang sering. Lima belas menit adalah waktu yang sesuai untuk mengajarkan anak sejak dini. Seiring bertambahnya usia maka durasi dapat ditambahkan. Tetap melakukan aktivitas yang bervariasi untuk dapat menjaga perhatian anak dan tidak membuatnya cepat bosan.

Coba untuk melakukan variasi di waktu yang sama setiap hari. Anak akan merasa lebih percaya diri apabila ia mengetahui apa yang mereka lakukan. Misalnya, orangtua dapat mengajari anak bahasa inggris setiap setelah pulang sekolah. Atau dapat juga mengajari mereka setiap sebelum  tidur. Jika memiliki rumah yang luas, maka dapat menaruh segala sesuatu yang berkaitan dengan bahasa inggris seperti DVD, permainan, serta buku ataupun sesuatu yang dibuat oleh anak. Pengulangan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

  1. Bermain games

Anak tentu sangat menyukai dengan permainan. Banyak sekali permainan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa inggris, seperti flashcard. Permainan aksi (simon says, charades), permainan papan (ular tangga atau permainan tradisional lainnya),atau juga dapat memanfaatkan permainan online (seperti game online learn english kids).

  1. Menggunakan lagu

Cara efektif lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan metode lagu. Lagu sangat baik digunakan untuk memperbaiki cara pengucapan serta menambah kosakata baru. Nyanyian dan juga disertai dengan tarian sangat baik untuk anak. Gaya tersebut menggambarkan arti dari lagu yang dinyanyikan sehingga anak dapat membayangkannya secara visual.

  1. Belajar bersama teman

Mempelajari bahasa sejatinya adalah tentang praktek. Sebaik apapun mempelajari teori jika tidak ada praktek maka hasilnya sama saja. Anak harus dicarikan teman-teman yang sama-sama belajar berbahasa dengannya. Teman dapat membantu dalam mempelajari bahasa inggris lebih sistematis dan efektif tanpa ada tekanan ataupun dorongan apapun dari orang lain. Orangtua bisa melatih kemampuan tersebut secara bersama-sama, mulai dari saling menulis atau melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa inggris.

Les Privat Untuk Pelajaran Bahasa Inggris

Apabila masih saja kesulitan dalam belajar bahasa inggris, alangkah baiknya jika mendatangkan guru les privat atau bimbingan belajar kepada anak. Hal ini karena pastinya di sekolah anak yang kurang menyukai matematika akan kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut karena banyaknya siswa yang harus diajar sehingga guru tidak bisa fokus mengajarkan ke beberapa orang saja. Adanya  bimbingan belajar khusus menjadikan anak bisa fokus dan mendapatkan perhatian khusus untuk mempelajari bahasa inggris, sehingga kesulitan-kesulitan yang dihadapi bisa langsung terselesaikan. Selain itu adanya bimbingan belajar untuk anak juga memudahkan mereka jika untuk lebih intensif lagi belajar speaking, listening, writing, maupun reading. di lembaga Pustaka Guru terdapat program layanan bahasa inggris. maka dengan begitu yuk kita daftarkan anak saudara atau teman dan keluarga kita untuk mengikuti program privat di pustaka guru.