fbpx

Statistik adalah salah satu mata kuliah yang terkadang menjadi hambatan bagi mahasiswa karena sulit dalam mempelajarinya. Ilmu yang mempelajari berderet angka ini dianggap menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa.

Statistik merupakan bagian dari matematika yang mempelajari signifikansi sesuatu. Statistik seringkali digunakan dalam metode penelitian kuantitatif. Untuk mempelajarinya sebenarnya tidak sulit, hanya saja perlu beberapa tips dan langkah agar belajar statistik menjadi sesuatu yang mudah dan tidak rumit untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat mempelajari statistik dengan lebih mudah             :

  1. Mempelajari statis secara teratur serta bukan sekaligus

Setiap kali belajar tentang statistik, maka ada baiknya memberi batasan waktu agar tidak membuat kepala pusing sehingga materi tidak dapat diterima dengan baik. Belajar statistik baiknya dilakukan selama satu hingga dua jam per hari selama enak hari. Hal ini lebih baik daripada belajar enak jam langsung dalam satu hari. Otak manusia mudah sekali jenuh dan memiliki batasan. Untuk menjadikan statistik sebagai mata kuliah yang mudah dan menyenangkan, maka perlu dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Perlu juga untuk sejenak berhenti belajar untuk menyegarkan pikiran.

  1. Membandingkan dengan website lain atau literatur

Jangan terpaku pada satu buku saja ketika belajar statistik. Dewasa ini buku-buku statistik sudah banyak.Umumnya buku-buku tersebut sama, namun khasanah pembahasannya berbeda-beda. Website mengenai statistik juga sangat banyak, dapat dicari via online. Salah satu buku yang bisa dijadikan rekomendasi adalah karangan Ronald E Walpole berjudul Pengantar Statistika 1993, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

  1. Jangan pernah malu untuk bertanya pada dosen

Sebagian besar mahasiswa merasa malu dalam bertanya. Saat diberikan kesempatan untuk bertanya jarang ada yang mengambil kesempatan tersebut, namun ketika diberikan ujian minggu depannya hampir bisa dipastikan sudah lupa. Statistik memang secara kasat maka terlihat sulit padahal sebenarnya mudah. Bertanyalah kepada dosen karena mereka pasti akan dengan senang hati menjelaskan.

  1. Sering berlatih

Hal yang terpenting dalam mempelajari statistika adalah latihan. Berlatihlah sesering mungkin dengan variasi soal dan materi-materi yang berbeda. Statistik tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca tanpa adanya praktek. Ini adalah kunci dari belajar statistik. Semakin sering dipraktekkan maka akan semakin mahir.

  1. Jangan menghafal rumus

Statistik bukanlah belajar tentang menghafal rumus. Barangkali ini adalah teori yang selama ini salah kaprah digunakan oleh sebagian besar mahasiswa dalam belajar. Hal yang terpenting dalam belajar statstik adalah tahu kapan menggunakan rumus-rumus statistik tersebut serta apa kriteria-kriteria yang harusnya dipenuhi. Jarang sekali ada orang yang ingat dengan rumus-rumus statistik ketika ditanyakan dalam jangka waktu yang lama. Belajar statistik adalah tentang mengedepankan konsep mengenai teknik, tips, serta trik statistik. Hal ini bukan berarti rumus bukan bagian yang penting, melainkan rumus tetap akan digunakan namun ketika sudah masuk ke dalam tahap pengerjaan atau pelaksanaan. Jika rumus diperlukan maka tinggal membuka saja buku atau search di google.

Les Privat Mahasiswa Untuk Statistik

Cara-cara tersebut di atas dapat ditempuh dengan cara mendatangkan guru privat khusus bagi mahasiswa untuk belajar statistik. Memasuki masa-masa pengerjaan skripsi, belajar statistik membutuhkan keseriusan terutama bagi mahasiswa yang mengambil metode penelitian kuantitatif sebagai bagian dari skripsinya. Dengan adanya privat untuk mahasiswa maka dapat semakin mudah karena bisa belajar dan bertanya kepada ahlinya langsung.