fbpx

Matematika adalah sebuah ilmu yang berisi tentang pelajaran mengenai struktur, besaran, bangung ruang, serta perubahan. Matematika umumnya dianggap sebagai momok karena lebih populer dikenal sebagai pelajaran yang penuh dengan hitungan serta rumus-rumus. Saat belajar tentang rumus memang menyenangkan dan belum terlihat susah. Namun ketika bertemu dengan soal-soal yang semakin bervariasi serta materi-materi semakin padat dan banyak, pasti akan menjadi pusing dan bingung dengan hal tersebut.

Khusus bagi mahasiswa yang menyukai matematika dari SMP atau SMA tentu bukan perkara yang sulit, mereka hanya perlu menyesuaikan karena sudah memiliki dasar-dasar dalam ilmu matematika. Masalah akan muncul apabila mahasiswa tersebut tidak memiliki latar belakang matematika yang baik, seperti salah masuk jurusan atau jurusan matematika menjadi pilihan terakhir yang bisa diambil. Hal itu tentu membutuhkan usaha yang lebih dalam mempelajarinya. Berikut adalah alasan-alasan yang menyebabkan sulitnya belajar matematika bagi sebagian besar orang.

  1. Berisi angka

Rata-rata orang kebanyakan suka ketika mendengar cerita. Apalagi jika cerita itu bagus, pasti banyak yang mendengarkan. Namun jarang sekali menemukan dosen yang menggunakan metode ini dalam mengajar. Hasilnya mata kuliah matematika menjadi sesuatu yang sangat membosankan karena hanya berisi dengan rumus-rumus dan angka-angka saja.

  1. Dosen yang membosankan

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa matematika berisi tentang angka-angka serta rumus. Jika seorang guru terpaku pada angka maupun rumus, maka di dalam proses belajar jelas akan terasa membosankan. Jika sudah seperti ini maka mahasiswa akan bosan, mengantuk, serta tidak lagi fokus pada materi yang diberikan.

  1. Jawaban yang pasti

Dalam mempelajari matematika aturan yang diberikan sangat jelas. Pilihannya ada dua, jika tidak salah berati benar, begitu pula sebaliknya. Meskpun sudah dikerjakan dengan baik dan dengan proses yang benar, namun ketika jawaban akhirnya salah maka tetap saja salah. Berbeda dengan mata kuliah atau jurusan lain seperti bahasa misalnya. Tetap ada nilai bagi mahasiswa yang menjawab panjang lebar walaupun jawaban yang diberikan itu salah.

  1. Tidak mudah dihafal

Sebagian besar jurusan lain memiliki metode pembelajaran tersendiri yang bisa dihafalkan. Sebut saja bahasa inggris, sejarah, biologi, ataupun geografi. Hal ini tidak bisa dilakukan di dalam pelajaran matematika. Walaupun sudah mmenghafalkan rumus-rumusnya di luar kepala, belum tentu di dalam penerapannya bisa berjalan dengan baik. Mungkin setiap hari mahir dalam menyelesaikan soal dan menggunakan berbagai macam rumus. Namun ketika menghadapi ujian soal-soal yang diberikan bisa jadi berbeda dan lebih rumit. Itulah matematika.

  1. Susah untuk dipahami

Matematika dikenal dengan susahnya memahami konsep-konsep dasarnya. Jika tidak memiliki dasar yang baik, atau tidak memahami konsep-konsep seperti campuran, perhitungan, perpangkatan maka dijamin akan sulit untuk memahami hal-hal yang lebih rumit daripada itu. Matematika dikenal sebagai mata kuliah yang sulit karena terdapat faktor ketidakpahaman di dalam konsep dasar tersebut.

Les Privat Mahasiswa Untuk Matematika

Alasan-alasan di atas dapat diatasi dengan cara belajar sungguh-sungguh. Namun bukan mahasiswa namanya jika tidak memiliki sejuta alasan untuk tidak belajar. Apalagi bagi mereka yang memiliki kesibukan lain seperti mengikuti organisasi dan lain sebagainya, tentu akan kehabisan waktu dalam belajar. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mendatangkan guru privat matematika khusus bagi mereka. Hal ini selain dapat memaksimalkan dalam belajar, mahasiswa juga bisa bertanya langsung kepada ahlinya jika ada sesuatu yang tidak diketahui atau perlu didiskusikan.