fbpx

Memasuki era globalisasi seperti sekarang, akuntansi dibutuhkan pada setiap perusahaan baik yang kecil maupun yang besar. Semua instansi baik swasta maupun pemerintah membutuhkan bagian ini guna membantu mereka di dalam membuat laporan keuangan yang tentunya dibutuhkan bagi perusahaan, bank, karyawan, pemerintah, serta pihak lainnya yang berkepentingan.

Akuntansi adalah ilmu yang bisa diaplikasikan langsung di kehidupan sehari-hari. Selain itu ilmu ini juga mempunyai prospek yang sangat baik di masa depan. Sebagian besar perusahaan profit oriented maupun non profit oriented di dalam skala kecil maupun besar membutuhkan ilmu akuntansi guna membantu mereka di dalam membuat laporan. Namun ketika mempelajarinya bukan perkara mudah, dibutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi agar dapat memahami setiap materi-materinya. Berikut adalah tips-tips belajar akuntansi dengan cepat serta mudah     :

  1. Memahami Konsep Dasar Akuntansi

Sebelum memulai belajar akuntansi, hal pertama yang harus dipelajari adalah konsep dasar dari akuntansi itu sendiri. Akuntansi secara definisi itu sebuah proses mengklasifikasi, mencatat, mengolah, meringkas, menyajikan data transaksi, dan juga kejadian yang ada hubungannya dengan keuangan agar dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan di dalam pengambilan suatu keputusan dan tujuan-tujuan lainnya. Konsep dasar akuntansi tidaklah rumit. Terdapat debit di sisi kiri serta kredit di sisi kanan. Saldo antara kredit serta debit ini haruslah seimbang. Akan tetapi yang perlu diingat adalah, saldo yang seimbang belum tentu saldo yang benar, namun saldo yang benar sudah pasti seimbang.

  1. Temukan software atau aplikasi akuntansi online

Memasuki era teknologi tentu lebih memudahkan dalam belajar akuntansi. Jika sudah paham mengenai konsep dasar akuntansi, maka ada baiknya mencoba menjalankan proses akuntansi dengan cara menggunakan aplikasi atau software. Ada beberapa macam aplikasi serta software aplikasi online yang dapat digunakan, salah satu yang biasa dipakai adalah Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang memberi kemudahan di dalam mengelola keuangan baik secara realtime ataupun secara instan. Kelbihan lain yang dimiliki oleh jurnal adalah, dapat digunakan dimanapun dan kapanpun dengan bantuan koneksi internet. Jurnal adalah solusi agar belajar bisa lebih mudah, aman, dan nyaman. Selain itu tips berikutnya adalah memahami setiap proses dari akuntansi itu sendiri. Seperti membuat jurnal, posting ke buku besar, membuat neraca saldo sebelum penyesuaian, dan lain sebagainya.

  1. Memperbanyak latihan

Hal penting lainnya yang perli diingat adalah, akuntansi merupakan sebuah proses. Diperlukan banyak latihan soal, terlebih ilmu ini adalah praktik bukan hanya teori. Selain memperbanyak latihan, hal lain yang bisa dilakukan adalah membaca kasus-kasus akuntansi yang tentunya akan membuat mahasiswa lebih paham tentang materi yang diajarkan. Jangan pernah menyerah untuk belajar. Jika sudah bisa maka akuntansi akan menjadi hal yang menyenangkan dan mudah.

 

 

Les Privat Mahasiswa Untuk Akuntansi

Hal-hal diatas tentunya dapat ditempuh dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh dan membutuhkan proses waktu yang lama. Namun bukan mahasiswa namanya jika tidak memiliki sejuta alasan untuk tidak belajar. Apalagi bagi mereka yang memiliki kesibukan lain seperti mengikuti organisasi dan lain sebagainya, tentu akan kehabisan waktu dalam belajar. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mendatangkan guru privat akuntansi khusus bagi mereka. Hal ini selain dapat memaksimalkan dalam belajar, mahasiswa juga bisa bertanya langsung kepada ahlinya jika ada sesuatu yang tidak diketahui atau perlu didiskusikan.