fbpx

Sebagian murid SMA biasanya tidak cukup jika hanya mengandakan belajar di sekolah ataupun di rumah seorang diri. Maka salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah ikut belajar di luar waktu sekolah. Maka dari itu les privat jadi pilihan. Bimbingan belajar mungkin juga bisa dijadikan pilihan, namun banyak sekali kekurangan-kekurangan bimbel daripada jika dibandingkan dengan les privat di rumah.

Alasan harusnya mengikuti les privat

Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa anak SMA membutuhkan les privat, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Lebih fokus dengan perhatian dari guru

Ketika belajar di kelas, anak seringkali mengeluhkan mengenai kondisi kelas yang ramai dan tidak kondusif, penyampaian materi yang terlalu lambat atau terlalu cepat, guru yang kurang asyik dalam cara mengajarnya, terlebih apabila siswa tersebut merasa kurang percaya diri di dalam mengemukakan pendapat, tentu tidak akan bertanya jika mengalami kesusahan. Dengan les privat, anak akan merasa belajar lebih personal dengan adanya ritme yang disesuaikan dengan gaya belajar serta ritme siswa. Metode ini tentu sangat cocok bagi pelajaran-pelajaran SMA yang dirasa susah seperti matematika, fisika, atau bahasa inggris.

  1. Waktu belajar yang fleksibel

Guru les privat bisa menyesuaikan dengan jadwal siswa. Terkhusus siswa yang mempunyai jadwal sangat padat, misalnya mengikuti perlombaan, beragam ekstrakulikuler, dan lain sebagainya. Les privat bisa membantu anak dalam mengejar ketertinggalan di sekolah tanpa mengorbankan waktu untuk mengembangkan potensi diri. Tidak hanya itu, guru privat bisa memberi pelajaran intensif ketika siswa akan menghadapi ujian yang ada di sekolah.

  1. Lebih mudah dipantau

Les privat lebih memudahkan orang tua dalam memonitor aktivitas serta pengembangan anak. Orang tua bisa berkonsultasi dengan guru les privat guna memantau perkembangan kemampuan akademik anak. Hal ini membuat les privat sangat cocok bagi orang tua yang sibuk dalam bekerja serta tidak dapat menemani anak ketika belajar.

  1. Membuat siswa lebih percaya diri

Ketika di sekolah atau di kelas, salah satu kendala yang dialami anak adalah kurang percaya diri atau mudah minder. Les privat bisa membuat anak lebih percaya diri guna mengajukan pertanyaan saat anak belum memahami topik tertentu serta anak bisa meningkatkan kemampuannya lebih dengan belajar sendiri karena sudah mendapatkan modal ketika mengikuti les privat. Selain itu, anak dilatih dan diajarkan lebih kritis dengan adanya les privat karena anak bisa secara langsung menyatakan pendapatnya bebas dan tanpa malu-malu lagi.

  1. Bisa belajar di mana saja

Les privat memudahkan untuk mencari tempat belajar sesuai yang diinginkan. Anak yang berada di kota-kota besar yang macet dan ramai tentu memilih rumah sebagai tempat belajar yang nyaman dan tidak menyusahkan.

Memilih Les Privat SMA

Dalam memilih guru les privat tentu tidak sembarangan pula. Guna hasil yang maksimal maka guru privat yang dipilih harus maksimal pula dan berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih guru privat SMa          :

  1. Mengecek kualifikasi calon guru les privat

Setelah meminta rekomendasi dari orang-orang terpercaya, langkah selanjutnya adalah mengecek kualifikasi atau kemampuan yang dipunyai setiap calon. Seperti latar belakang pendidikan yang relevan, pengalaman, serta gaya mengajarnya. Nilai tambahan didapatkan apabila guru dapat mengajar sesuai dengan gaya belajar anak dan memahami bagaimana cara menghadapi perilaku anak.

  1. Meminta rekomendasi dari orang-orang yang terpercaya

Sebelum mencari lembaga atau mencari secara online, orang tua bisa terlebih dulu meminta rekomendasi dari guru, kepala sekoah, keluarga ataupun orang terdekat. Hal in agar dapat cocok dengan keinginan dan kebutuhan anak.