fbpx

Les privat merupakan cara efektif guna meningkatkan prestasi anak di sekolah. Sebagian besar anak-anak tidak mempunyai keinginan untuk mengulang pelajaran yang telah didapatkan di sekolah. Padahal, mengulang pelajaran bisa semakin meningkatkan prestasi belajar anak-anak. Les privat membantu anak-anak di dalam memahami mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Anak-anak diarahkan guna meluangkan waktunya untuk belajar dari pelajaran yang ada di sekolah. Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang diperoleh jika menggunakan les privat untuk anak :

  1. Waktu belajar yang fleksibel

Tidak seperti jadwal sekolah yang pasti, les privat memberikan anak waktu yang fleksibel untuk belajar. Orang tua dapat menyesuaikan waktu les privat sesuai dengan jadwal sekolah dan juga kegiatan-kegiatan anak lainnya. Anak juga dapat berdiskusi dengan guru les maupun orang tua terkait dengan waktu yang nyaman serta durasi waktu untuk belajarnya.

  1. Membantu anak supaya lebih berkonsentrasi

Karakter belajar anak tentunya berbeda-beda. Beberapa anak bisa belajar di tengah lingkungan yang ramai, namun beberapa orang lebih bisa belajar di suasana lingkungan yang tidak banyak orang atau sepi. Les privat adalah solusi yang tepat bagi anak untuk bisa mendapatkan pengajar yang intensif sehingga membantu anak untuk dapat lebih fokus dengan pelajaran yang diajarkan.

  1. Guru yang lebih personal dan intensif

Guru les privat akan bisa dengan mudah memantau perkembangan anak secara lebih cermat. Guru les privat bisa mengetahui karakter bagaimana cara belajar anak, dan juga kekurangan serta kelebihan anak di dalam menerima pelajaran-pelajaran yang diajarkan.

  1. Mudah dipantau

Jika anak mengikuti les privat, maka orang tua akan lebih gampang memantau belajar anak. Orangtua bisa secara langsung mengetahui bagaimana anak belajar pelajaran dengan guru. Hal ini tentu berbeda apabila memantau pendidikan anak di sekolah, dikarenakan guru sekolah pasti juga mempunyai tanggung jawab yang besar untuk sejumlah murid yang terdapat di sekolah.

  1. Hemat waktu serta tenaga untuk transportasi

Jika mengikutsertakan anak di lembaga bimbingan belajar atau bimbel maka orang tua harus meluangkan waktu guna menjemput serta mengantar anak di tempat tersebut. Dengan les privat, orang tua tidak perlu repot mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi. Anak juga tidak akan merasa lelah di perjalanan yang bisa mengurangi energi yang harusnya bisa digunakan untuk belajar.

Memilih Les Privat SD

Lalu bagaimana memilih guru privat SD yang baik? Tips-tips berikut ini dapat digunakan untuk memilih guru les privat SD yang baik :

  1. Menentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Orang tua harus terlebih dahulu bisa menentukan hasil yang ingin dicapai anak saat mengikuti les privat. Apakah memiliki gangguan belajar khusus, nilai-nilai yang masih jelek, terlihat frustasi saat mengerjakan PR, atau hal-hal lain. Dengan adanya tujuan yang jelas tentu mencari guru les privat akan lebih efektif pada hasilnya nanti.

  1. Meminta rekomendasi dari orang-orang yang terpercaya

Sebelum mencari lembaga atau mencari secara online, orang tua bisa terlebih dulu meminta rekomendasi dari guru, kepala sekoah, keluarga ataupun orang terdekat. Hal in agar dapat cocok dengan keinginan dan kebutuhan anak.

  1. Mengecek kualifikasi calon guru les privat

Setelah meminta rekomendasi dari orang-orang terpercaya, langkah selanjutnya adalah mengecek kualifikasi atau kemampuan yang dipunyai setiap calon. Seperti latar belakang pendidikan yang relevan, pengalaman, serta gaya mengajarnya. Nilai tambahan didapatkan apabila guru dapat mengajar sesuai dengan gaya belajar anak dan memahami bagaimana cara menghadapi perilaku anak.