fbpx

Sebelum Anda tahu manfaat mengenalkan musik pada anak sejak usia dini. Apakah Anda pernah menyadari bahwa anak Anda mulai dari balita mudah sekali mendengarkan, bahkan menyerap lagu-lagu baru? Atau terlihat ceria, bernyanyi meskipun tidak terdengar jelas tapi balita Anda terlihat sangat bersemangat?

Kemudian ternyata, musik memiliki sangat banyak peran pentung dalam perkembangan anak. Sejak usia dini, bahkan mulai dari dalam kandungan hingga anak Anda mencapai usia 6 tahun. Mengapa demikian? Karena pada masa tersebut, umur 0 sampai 6 tahun, anak akan mudah menerima nada dan membedakan frekuensi, rangsangan dan melodi.

Sama halnya dengan perkembangan bahasa, mengenalkan musik pada anak dapat mengembangkan kemampuan musikal dalam meniru dan juga menghafal ritme. Bisa juga berupa lagu bahkan nada dari tepukan tangan. Terlihat sepele namun akan berefek besar pada perkembangannya. Sebagai orang tua, tentunya Anda akan senang melihat anak Anda ceria dan pandai mulai diusia balita.

Apa Saja Manfaat Musik Bagi Anak?

Bahkan sebuah penelitian pada tahun 1990an mengatakan bahwa paparan musik yang dimulai sejak dini dapat membantu anak berbicara lebih jelas. Bahkan sering mendengarkan musik juga dapat mengembangkan kosa kata pada anak. Sehingga penting untuk mengajak anak bermain khususnya yang berkaitan dengan musik.

Menurut Howard Gardner, psikolog anak, kecerdasan anak sama dengan pentingnya kecerdasan emosional dan logis. Hal tersebut dikarenakan musik dapat memperkuat hubungan antara tubuh dan juga otak dalam bekerja sama sebagai tim. Sehingga penting sekali untuk mengenalkan musik pada anak sejak usia dini.

Contohnya saja saat menari dengan iringan musik, anak Anda akan mengembangkan keterampilan motorik. lebih baik lagi jika menari diiringi dengan bernyanyi makan anak-anak akan mempraktikan suara dan gerakan secara bersamaan. Proses tersebut dapat melatih anak mempelajari suara dan nada serta kata-kata.

Peran Orang Tua Saat Mengenalkan Musik

Bukan hanya sekadar untuk membuat anak Anda bahagia atau ceria saja. Anda perlu membantu mengembangkan karakter anak dan juga keterampilan bermusik. Dengan bermusik atau mengenalkan musik pada anak, tumbuh kembang anak akan sangat baik. Apalagi jika nanti Anda mengajarkan anak Anda bermain musik. Bermain musik melatih keseimbangan antara otak dengan tubuh.

Bahkan alat musik tertentu seperti drum atau gitar membuat anak Anda terlatih berkonsentrasi dan menyeimbangkan otak kanan dan otak kirinya. Tentunya akan membuat anak Anda cerdas dan mudah memahami apa pun materi yang diajar. Melihat pentingnya musik, ada baiknya jika Anda mulai merencanakan guru musik privat untuk anak Anda.

Anda dapat memilih guru privat yang kompeten dalam hal musik dan juga fleksibel seperti di lembaga berkualitas yang satu ini. Dengan menghubungi Pustaka Guru di nomor 081229243425 atau via Instagram kami di @bimbelpustakaguru , atau via faecebook kami di Pustaka Guru.Belajar kreatif atau via twitter di @bimbelpstkaguru atau langsung via website kami di www.pustakaguru.com Anda bisa mendapatkan pembelajaran mengenai musik serta mengenalkan musik pada anak dengan sebaik mungkin.