fbpx

Seperti yang sering Anda lihat, anak yang mahir bermain alat musik biasanya memiliki tumbuh kembang yang baik. Bahkan banyak sekali riset yang mengatakan bahwa, anak yang menyukai dunia musik dan pandai dalam bermain musik, memiliki prestasi dibidang akademik yang luar biasa.

Riset Brown University’s Center dari Martin Gardiner, bahkan menunjukkan bahwa dalam Study of Human Development, anak yang terlibat dalam dunia musik memiliki performa akademis yang luar biasa dengan skor IQ yang juga sangat istimewa. Bukan tanpa alasan, musik dapat menstimulasi otak untuk lebih bisa fokus dan mudah mengingat.

Sebagai orang tua yang tentu saja menginginkan anaknya sukses dalam studi dan juga kariernya nanti, dengan begitu Anda perlu mendukung anak untuk mulai mengenal musik. Belajar bermain alat musik tidak harus menjadi musisi atau masuk dalam dunia industri musik. Tapi belajar musik memanga memiliki segudang manfaat untuk kecerdasan anak.

Memperkenalkan Alat Musik yang Tepat

Sejak balita, biarkan anak berlatih bertanggung jawab dengan memilih apa yang diinginkannya. Tak terkecuali dalam hal belajar musik. Anda boleh saja mencoba untuk menumbuhkan ketertarikannya terhadap musik, tapi biarkan anak memilih jenis alat musik yang disenangi. Bisa saja gitar, drum, piano, biola atau alat musik lainnya.

Jika anak Anda tertarik dengan salah satu alat musik, suatu saat juga akan penasaran dengan alat musik lainnya. Biarkanlah sang anak bereksplorasi dengan benda-benda yang menarik baginya. Tugas Anda disini adalah mendukung dan memfasilitasi. Sehingga Anda tidak perlu mengintimidasi anak dengan pilihan Anda.

Ketika anak Anda mulai mencoba ketertarikannya dalam musik, jadilah penggemar utamanya. Selalu berikan pujian yang tulus. Karena bermain musik tidak hanya dipanggung musik saja. Biarkan anak Anda memainkannya di depan keluarga terlebih dahulu untuk mengasah mentalnya dan jangan lupa untuk selalu memberikan penghargaan.

Memilih Sekolah Musik yang Tepat

Anda harus mencarikan lembaga bimbingan belajar bermain alat musik yang tepat untuk anak Anda. Hal yang benar-benar kompeten dibidangnya. Sehingga waktu yang digunakan untuk belajar membuahkan hasil. Dengan memilih sekolah musik yang berkualitas dan memiliki banyak fasilitas yang mendukung tentu saja akan memudah anak Anda dalam memahami materi bermusiknya.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pada kondisi anak Anda. Apakah anak Anda siap meluangkan waktunya dalam belajar bermusik? Dibanding belajar bermusik dengan  mengunjungi tempat kursus musik, Anda dapat menggunakan guru privat yang bisa Anda panggil ke rumah. Hal tersebut tentu saja tak membuat anak Anda kehilangan banyak waktu.

Sehingga anak tidak akan merasa lelah dalam perjalanan ke tempat kursus tersebut. Andapun bisa mengawasinya di dalam rumah bahkan memberikan dukungan dan semangat. Salah satu contoh tempat belajar bermusik yang efisien waktu adalah Pustaka Guru. Disini Anda bisa memanggil guru privat untuk datang ke rumah untuk belajar bermain alat musik, maka silakah hubungi kami di nomor 081229243425 atau via facebook di Pustaka Guru.Belajar Kreatif atau bisa via instagram di @bimbelpustakaguru atau via twitter di @bimbelpstkaguru sekarang juga.